Mengenang Sejarah Tsunami Aceh 18 Tahun Silam di Museum Tsunami Aceh

- 26 Desember 2022, 19:10 WIB
Museum Tsunami Aceh, tempat mengenang sejarah 18 tahun bencana gempa dan tsunami Aceh.
Museum Tsunami Aceh, tempat mengenang sejarah 18 tahun bencana gempa dan tsunami Aceh. /Pixabay.com/saifulmulia

BERITA DIY – Mengenang sejarah 18 tahun silam di Museum Tsunami Aceh, terjadinya bencana gempa dan tsunami Aceh 26 Desember 2004.

Tepat hari ini 18 tahun silam terjadi bencana gempa dan tsunami di Aceh yang begitu dahsyat. Banyak korban jiwa, rumah warga yang rusak, akses jalan dan jembatan yang rusak, beragam infrastruktur yang rusak, dan lain-lain.

Mengenang sejarah terjadinya gempa dan tsunami Aceh telah diabadikan dalam Museum Tsunami Aceh. Lokasinya di Jalan Iskandar Muda Nomor 3, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00 s.d. 17.00 WIB.

“Museum yang luar biasa ini adalah karya Kang Emil yang menggambarkan tsunami yang terjadi 26 Desember 2004 yang menghancurkan sebagian daratan Aceh,” kata Adam melalui Adam Intan YouTube Channel yang diunggah pada 20 Desember 2022.

Baca Juga: Doa untuk Korban Tsunami Aceh Mengenang 18 tahun Tsunami, Ini Bacaan Al Fatihah hingga Allahumma Firlahu

Museum yang diresmikan pada bulan Februari 2009 silam ini memiliki arsitektur bangunan sangat unik karya Ridwan Kamil, memadukan konsep desain klasik dan modern.

Berikut beberapa ruang yang ada di Museum Tsunami Aceh.

1. Ruang Renungan

Ruang renungan ini terdapat lorong dengan suara gemuruh percikan air beriringan suara azan yang seolah membawa ke suasana Minggu pagi, 26 Desember ketika tsunami terjadi.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x