Waspada! Gempa 8,9 M dan Tsunami 15 Meter Berpotensi Terjadi di Bengkulu, Ini Kata BMKG

- 26 Agustus 2022, 15:12 WIB
Gempa 8,9 M dan tsunami 15 meter berpotensi terjadi di Bengkulu, simak penjelasan BMKG berikut ini untuk masyarakat. (foto ilustrasi).
Gempa 8,9 M dan tsunami 15 meter berpotensi terjadi di Bengkulu, simak penjelasan BMKG berikut ini untuk masyarakat. (foto ilustrasi). /Pexels/GEORGE DESIPRIS

BERITA DIY - Waspada! Gempa 8,9 M dan tsunami setinggi 15 meter berpotensi terjadi di Provinsi Bengkulu. Simak keterangan lengkap BMKG berikut ini.

Masyarakat di wilayah Provinsi Bengkulu diminta untuk mewaspadai gema bumi dengan kekuatan maksimal hingga 8,9 magnitudo dan tsunami dengan ketinggian ombak hingga 15 meter.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Pulau Baai Kota Bengkulu menjalskan bahwa hempa 8,9 M tersebut berpotensi terjadi di Bengkulu dan berpusat di wilayah Kabupaten Mukomuko.

Potensi gempa bumi 8,9 M dan tsunami 15 meter di Bengkulu ini terjadi jika lempeng bumi yang berada di wilayah perairan Kabupaten Mukomuko dekat dengan wilayah perairan kepulauan Mentawai Sumatera barat pecah.

Baca Juga: Update Gempa Hari Ini BMKG: 2 Gempa Bumi Pagi Ini Pasca Bengkulu, Pesisir Barat Lampung dan Sulawesi Tenggara

"Bengkulu berpotensi terjadi gempa bumi mencapai 8,9 magnitudo yang menimbulkan adanya gelombang tsunami mencapai 15 meter," kata Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Pulau Baai Bengkulu Anang Anwar pada 25 Agustus 2022 dikutip dari ANTARA.

Namun demikian, lempeng bumi tersebut hingga hari ini belum pecah dan masyarakat diminta untuk tetap waspada dan tidak panik.

Di tempat terpisah, BMKG Stasiun Geofisika Kabupaten Kepahiang memastikan bahwa 10 unit alat pendeteksi gempa bumi di Bengkulu dalam kondisi baik dan berpotensi normal.

"Untuk kondisi peralatan pendeteksi gempa di Provinsi Bengkulu dalam kondisi baik dan beroperasi normal," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kepahiang Litman hari ini 26 Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x