Ini Jenis Tunjangan Profesi Guru Baru Pengganti Sertifikasi, Mendikbud Ungkap 290 Ribu Guru Langsung Dapat TPG

- 10 November 2022, 19:55 WIB
Pengganti sertifikasi guru, penghapusan tunjangan profesi guru dan dosen, dan link download RUU Sisdiknas PDF 2022 tentang TPG.
Pengganti sertifikasi guru, penghapusan tunjangan profesi guru dan dosen, dan link download RUU Sisdiknas PDF 2022 tentang TPG. /Pikiran-Rakyat.com/Tati Purnawati/

BERITA DIY - Saat ini banyak yang mencari pengganti sertifikasi guru, penghapusan tunjangan profesi guru dan dosen, dan RUU Sisdiknas PDF 2022 tentang TPG.

Ketahui, berikut jenis tunjangan profesi guru baru pengganti sertifikasi jika RUU Sisdiknas disahkan, Mendikbud ungkap 290 ribu guru langsung dapat TPG.

TPG atau Tunjangan Profesi Guru adalah tunjangan yang diberikan kepada guru dari Pemerintah sebagai bentuk penghargaan atas profesionalitasnya.

Adapun TPG merupakan amanat dari PP atau Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2009 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen Tunjangan Khusus Guru Dan Dosen serta Tunjangan Kehormatan Profesor.

Baca Juga: Nominal Tunjangan Pengganti Sertifikasi Guru 2023 Usai TPG Dihapus, Guru Non PNS dan ASN Bisa Dapat Rp 20 Juta

Saat ini tengah ramai dibicarakan soal pasan Tunjangan Profesi Guru yang hilang dalam Rancangan Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional atau RUU Sisdiknas.

RUU Sisdiknas sendiri kini tengah dibahas oleh Kemendikbud bersama dengan DPR RI. Di awal kemunculannya, RUU Sisdiknas itu memicu reaksi di kalangan pendidik.

Salah satu syarat mendapatkan tunjangan profesi guru ialah memiliki sertifikat pendidik, yang mana baru bisa didapat usai mengikuti pendidikan profesi guru.

Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1-2 tahun setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x