Siapa Bjorka Hacker Peretas Dokumen Rahasia Jokowi dan Doxing Menkominfo, Kasetpres: Tidak Ada Surat Bocor

- 10 September 2022, 21:12 WIB
Siapa Bjorka hacker peretas surat dokumen BIN kepada Jokowi dan doxing Menkominfo, Johnny G Plate.
Siapa Bjorka hacker peretas surat dokumen BIN kepada Jokowi dan doxing Menkominfo, Johnny G Plate. /Twitter/@JillVal15828183

BERITA DIY - Jagat dunia maya masih ramai membicarakan soal siapa Bjorka seorang hacker yang meretas data dokumen rahasia milik Presiden Jokowi serta doxing data Menkominfo, Johnny G Plate.

Menanggapi kejadian ini Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menegaskan tidak ada surat dan dokumen untuk Presiden Joko Widodo yang bocor di internet.

“Nanti pihak Sekretariat Negara akan menyampaikan. Tidak ada isi surat-surat yang bocor,” terang Heru seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 10 September 2022.

Baca Juga: Mengenal Bjorka Identitas Hacker yang Sebar Link Dokumen Rahasia Presiden Jokowi dan Menkominfo Johnny Plate

Heru mengatakan bahwa informasi yang menyebutkan surat berlabel rahasia dari Badan Intelijen Negara (BIN), dan surat lainnya untuk Presiden Jokowi boco di forum peretas, adalah informasi bohong.

Sebelumnya telah terjadi, hacker dengan sebutan Bjorka mengklaim telah meretas surat menyurat milik Presiden Jokowi termasuk surat dari BIN.

Temuan Bjorka kemudian dibagikan ke grup Telegram dengan 8.600 member yang dapat diakses melalui Breach Forums.

Baca Juga: Hacker Bjorka Berasal dari Mana? Di Mana Link Breached Forum yang Disebut Terdapat Dokumen Rahasia Jokowi

Kemudian bocor ke publik lewat salah satu postingna akun Twitter DarkTracer : DarkWeb Criminal Intelligence lalu viral hingga hari ini.

Dalam upaya mitigasi penelusuran siapa akun dibalik Bjorka, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berkoordinasi dengan penyedia sistem elektronik (PSE) di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara guna menindaklanjuti dugaan kebocoran data.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x