Hacker Bjorka Berasal dari Mana? Di Mana Link Breached Forum yang Disebut Terdapat Dokumen Rahasia Jokowi

- 10 September 2022, 15:47 WIB
Dokumen Presiden Indonesia yang diretas oleh Hacker Bjorka. Hacker Bjorka berasal dari mana yang berhasil meretas dan membagikan dokumen rahasia Presiden Joko Widodo di forum Breached.
Dokumen Presiden Indonesia yang diretas oleh Hacker Bjorka. Hacker Bjorka berasal dari mana yang berhasil meretas dan membagikan dokumen rahasia Presiden Joko Widodo di forum Breached. /Twitter.com/@txtdrpemerintah

BERITA DIY - Banyak netizen yang mencari tahu hacker Bjorka berasal dari mana, sebab ia diduga berhasil meretas dan membagikan dokumen rahasia Presiden Joko Widodo di forum Breached.

Nama hacker Bjorka belakangan ini menjadi sorotan karena mengklaim dirinya memiliki data penduduk Indonesia.

Terbaru, Bjorka disebut berhasil meretas dokumen rahasia milik Badan Intelijen Negara (BIN) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hasil retasannya itu ia unggah di forum breached.to pada Jumat, 9 September 2022.

"Berisi transaksi surat tahun 2019-2021 serta dokumen yang dikirimkan kepada Presiden termasuk kumpulan surat yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara yang diberi label rahasia," demikian yang Bjorka tulis pada unggahannya yang menampilkan logo Presiden Republik Indonesia.

Baca Juga: Cara Lindungi WA dari Hacker atau Penyadap, Tanpa Aplikasi Tambahan, Pakai Setting App, All HP

Beberapa dokumen yang ia unggah salah satinya soal gladi bersih dan pelaksanaan upacara bendera pada peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2019.

Selain itu Bjorka juga mengunggah Dokumen lainnya yakni Pemberhentian dari Jabatan Administrator dan Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian Sekretariat Negara hingga Penunjukan Plh Deputi Hukum dan PUU Tanggal 2 sampai dengan 9 Agustus 2019.

Bjorka sendiri merupakan hacker luar negeri yang mendadak menjadi perbincangan warga Indonesia lantaran menjual 105 juta data milik warga negera Indonesia yang berasal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca Juga: Kronologi Situs BSSN yang Diretas, Benarkah Serangan Balasan dari Hacker Brazil?

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x