Apa Upaya Penanganan Pelanggaran Hak Asasi Manusia dan Pencegahan Pelanggaran HAM oleh Pemerintah?

- 6 September 2022, 16:28 WIB
Ilustrasi. Begini cara dan upaya penangananan pelanggaran Hak Asasi Manusia serta pencegahan pelanggaran HAM oleh Pemerintah Indonesia.
Ilustrasi. Begini cara dan upaya penangananan pelanggaran Hak Asasi Manusia serta pencegahan pelanggaran HAM oleh Pemerintah Indonesia. /UNSPLASH/@tingeyinjurylawfirm

BERITA DIY - Apa saja sih upaya penangananan pelanggaran Hak Asasi Manusia dan pencegahan pelanggaran HAM oleh pemerintah Indonesia?

Tindak kriminal menjadi salah satu contoh pelanggaran HAM yang kerap terjadi.

Meski demikian, tak hanya tindak kriminal, membatasi hak demokrasi seseorang termasuk dalam pelanggaran HAM.

Sebagai awalan, menurut Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 pelanggaran HAM adalah perbuatan seseorang atau kelompok termasuk aparat negara yang disengaja maupun tidak.

Baca Juga: Update Kasus Penembakan Brigadir J: Terdapat Dugaan Penembak Ketiga, Berikut Penjelasan Komnas HAM

Apa yang dimaksud pelanggaran HAM termasuk kelalaian, upaya membatasi, dan atau mencabut Hak Asasi Manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang ini.

Selain itu, tidak mendapatkan, atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar, berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

Secara umum, pelanggaran HAM dapat disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Tingkat kesadaran mengenai HAM menjadi erat kaitannya pada pelanggaran.

Baca Juga: Foto Jasad Brigadir J Dirilis Komnas HAM: 5 Fakta Perencanaan Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dan Om Kuat

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x