Hari Hak Asasi Manusia 10 Desember 2021: Ini Daftar Kasus Pelanggaran HAM yang Pernah Ada di Indonesia

- 10 Desember 2021, 10:00 WIB
Ini daftar kasus peristiwa pelanggaran HAM di Indonesia memperingati Hari Hak Asasi Manusia 10 Desember 2021.
Ini daftar kasus peristiwa pelanggaran HAM di Indonesia memperingati Hari Hak Asasi Manusia 10 Desember 2021. /FREEPIK/stories

BERITA DIY - Berikut merupakan daftar kasus HAM yang pernah terjadi ataupun belum dapat terselesaikan di Indonesia, memperingati Hari Hak Asasi Manusia yang diperingati pada 10 Desember 2021.

Sederet pelanggaran HAM diketahui pernah terjadi dalam sejarah panjang bangsa Indonesia. Berbagai peristiwa tersebut kemudian mengakibatkan jatuhnya berbagai atau sejumlah korban jiwa dari berbagai pihak.

Tak hanya itu pelanggaran HAM atau Hak Asasi Manusia di Indonesia pun diketahui tak seluruhnya berhasil dituntaskan. Melainkan terdapat beberapa peristiwa yang kemudian hingga kini masih menyisakan tanda tanya.

Baca Juga: Hari HAM Internasional 10 Desember 2021, Ini Profil 5 Tokoh Pejuang Hak Asasi Manusia di Indonesia

Seperti diketahui sebelumnya yaitu pada hari ini diperingati sebagai Hari Hak Asasi Manusia Internasional dan diperingati oleh masyarakat di seluruh belahan dunia pada 10 Desember 2021.

Penetapan adanya Hari Hak Asasi Manusia Internasional atau Hari HAM sendiri tak ditetapkan secara main-main melainkan telah resmi ditetapkan oleh badan otoritas dunia atau dikenal dengan PBB sejak beberapa waktu yang lalu.

Sehingga dengan telah ditetapkannya Hari HAM yang telah resmi diberlakukan pada 10 Desember menandakan bahwa setiap negara anggota PBB harus mampu menjamin Hak dari setiap warga negara yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Sejarah Hari HAM Sedunia 10 Desember 2021, Tema hingga Link Download Twibbon Peringatan

Dalam pelaksanaan terkait dengan perlindungan hak dalam HAM yang semestinya dilakukan oleh setiap negara terhadap warga negara di dalamnya seringkali tidak sesuai yang diharapkan atau sering munculnya pelanggaran.

Diketahui dari berbagai sumber terkait mengenai pelanggaran HAM sendiri adalah merujuk pada perbuatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok kelompok baik disengaja, tidak disengaja, atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut hak asasi manusia yang dijamin undang-undang.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x