Profil Surya Darmadi serta Biodata: Orang Mana, Terlibat Kasus Apa, hingga Daftar Aset Disita Negara

- 31 Agustus 2022, 15:56 WIB
Informasi  profil Surya Darmadi serta biodata untuk ketahui dia orang mana, terlibat kasus apa, hingga  daftar aset yang disita negara.
Informasi profil Surya Darmadi serta biodata untuk ketahui dia orang mana, terlibat kasus apa, hingga daftar aset yang disita negara. /ANTARA FOTO/RENO ESNIR

BERITA DIY - Berikut profil Surya Darmadi serta biodata. Ketahui dia orang mana, terlibat kasus apa, hingga daftar aset yang disita oleh negara apa saja di sini.

Pendiri sekaligus pemilik PT Duta Palma Group Surya Darmadi telah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi penyerobotan lahan seluas 37,095 hektare di Riau pada awal Agustus lalu oleh Kejaksaaan Agung.

Surya Darmadi ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung bersama Bupati Kabupaten Indagiri Hulu periode 1999-2008, Raja Thamsir Rachman.

Selain itu, Surya Darmadi juga ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dari lembaga yang sama.

Baca Juga: Siapa Kuat Ma'ruf yang Ditangkap Polisi di Kasus Ferdy Sambo? Ini Profil Pembantu Keluarga Putri Candrawathi

Adapun oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Surya Darmadi terjerat kasus revisi fungsi perhutanan Provinsi Riau ke Kementerian Kehutanan yang turut menyeret nama mantan Gubernur Riau Annas Maamun.

Kejaksaan Agung mengungkapkan bahwa saat ini telah dilakukan pelimpahan berkas, barang bukti, dan tersangka ke jaska penuntut umum di Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat.

Kerugian yang diderita oleh negara terkait kasus korupsi yang dilakukan oleh Surya Darmadi cukup besar yakni mencapi Rp104,1 triliun.

Sejumlah aset milik tersangka Surya Darmadi pun diketahui disita oleh pihak Kejaksaan Agung di antaranya satu unit kapal motor tunda dengan nama Kapal Royal Palma-9 dan satu unit tongkan dengan nama Kapal Royal Palma-2.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah