Sri Mulyani Bocorkan Harga BBM Pertalite Pertamina yang Mau Naik, Simak Cara Daftar Subsidi Tepat MyPertamina

- 29 Agustus 2022, 14:14 WIB
Sri Mulyani bocorkan harga BBM pertalite Pertamina yang mau naik, simak cara mudah daftar subsidi tepat di MyPertamina agar bisa membeli BBM Pertalite.
Sri Mulyani bocorkan harga BBM pertalite Pertamina yang mau naik, simak cara mudah daftar subsidi tepat di MyPertamina agar bisa membeli BBM Pertalite. /Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari harga BBM Pertalite Pertamina, daftar subsidi tepat MyPertamina, harga BBM Pertamina hari ini 2022 dan harga BBM naik.

Ketahui Sri Mulyani bocorkan harga BBM pertalite Pertamina yang mau naik, simak cara mudah daftar subsidi tepat di MyPertamina agar bisa membeli BBM Pertalite.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan Harga Jual Eceran (HJE) BBM bersubsidi jauh lebih rendah dibandingkan harga jual seharusnya.

Dengan asumsi harga Indonesian Crude Price (ICP) 105 dolar AS per barel dan nilai tukar rupiah Rp14.700 per dolar AS, ia menyebut subsidi yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk bahan bakar pertalite, solar, pertamax hingga LPG 3 kilogram menjadi sangat besar.

Baca Juga: Harga BBM Kapan Naik? Berikut Harga Pertamax Turbo, Pertalite, Pertamina Dex, hingga Solar Hari Ini

Ia memaparkan HJE solar yang ditetapkan oleh PT Pertamina (Persero) dengan seizin pemerintah sebesar Rp5.150 per liter, sedangkan harga keekonomiannya sudah mencapai Rp13.950 per liter.

"Artinya masyarakat dan seluruh perekonomian mendapatkan subsidi solar sebesar 63 persen atau mencapai Rp8.800 per liter dari harga riilnya," ujar Sri Mulyani dikutip dari Antara.

Sementara itu, ia mengatakan untuk HJE pertalite yang ditetapkan sebesar Rp7.650, harga keekonomiannya sudah mencapai Rp14.450 per liter. Dengan demikian, pemerintah memberikan subsidi mencapai Rp6.800 untuk setiap liter bahan bakar ini.

"Harga pertalite sekarang ini, rakyat setiap liternya mendapatkan subsidi 53 persen atau Rp6.800 setiap liter yang dibeli," ujar Sri Mulyani.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x