Update Harga BBM Berbagai Jenis Hari Ini, Harga Pertalite Terbaru: Apakah Jadi Naik dan Jadi Berapa per Liter?

- 27 Agustus 2022, 15:00 WIB
Ilustrasi. Berikut update harga terbaru BBM jenis Pertalite dan Solar hari ini.
Ilustrasi. Berikut update harga terbaru BBM jenis Pertalite dan Solar hari ini. /PIXABAY/IADE-Michoko

BERITA DIY - Inilah update harga BBM jenis Pertalite terbaru hari ini lengkap dengan apakah jadi naik dan jadi harga berapa nantinya yang akan dijual per liter nantinya.

Belakangan informasi mengenai kenaikan harga Bahan Bakar Minyak atau BBM khususnya jenis Pertalite banyak diperbincangkan menyusul adanya rencana kebijakan terbaru.

Dalam rencana yang telah beredar, menyebutkan bahwa pemerintah nantinya akan melakukan penyesuaian atau kenaikan terhadap harga BBM jenis Pertalite dan juga Solar.

Mengingat rencana kebijakan untuk menyesuaikan harga BBM jenis Pertalite dan Solar tersebut pasalnya kedua jenis BBM itu merupakan jenis yang hingga kini masih mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Baca Juga: Pemerintah Harus Siapkan Langkah Antisipasi Dampak Buruk jika Naikkan Harga BBM Subsidi

Salah satu faktor yang melatarbelakangi rencana penyesuaian harga BBM jenis Pertalite dan Solar itu sendiri adalah untuk menekan pengeluaran negara hasil dari subsidi BBM tersebut.

Disebutkan oleh Menteri Keuangan yaitu Sri Mulyani bahwa besaran subsidi yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menyubsidi Solar yaitu Rp 8.800 per liter, sedangkan Pertalite, pemerintah mengeluarkan Rp 6.800 per liter.

Besaran subsidi per liter yang dikeluarkan oleh pemerintah terhadap BBM jenis Solar dan Pertalite itu sendiri menyusul harga jual seharusnya yang diberlakukan di pasaran.

Oleh sebab itu, rencana penyesuaian atau kenaikan harga BBM jenis Solar dan Pertalite tersebut diberlakukan untuk dapat menekan pengeluaran dari anggaran subsidi BBM tersebut.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Salurkan Bansos jika Menaikkan Harga BBM Subsidi

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x