Pemerintah Diminta Salurkan Bansos jika Menaikkan Harga BBM Subsidi

- 25 Agustus 2022, 17:00 WIB
Pemerintah disarankan untuk memberikan bansos pengganti jika berencana untuk menaikkan harga BBM subsidi.
Pemerintah disarankan untuk memberikan bansos pengganti jika berencana untuk menaikkan harga BBM subsidi. /Tangkap layar instagram.com/@kemensosri

BERITA DIY - Wacana kenaikan harga BBM subsidi Solar dan Pertalite semakin santer dibicarakan masyarakat akhir-akhir ini.

Rencana kenaikan harga BBM subsidi ini dilakukan untuk mengurangi beban APBN. Namun hal ini berisiko untuk menaikkan inflasi dan menurunkan daya beli masyarakat.

Jika rencana kenaikan harga BBM subsidi ini benar-benar dilakukan, pengamat ekonomi dan kebijakan publik disarankan untuk menyalurkan bansos sebagai kompensasi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah siap menyalurkan bantuan sosial jika harga bahan bakar minyak (BBM) harus dinaikkan.

Baca Juga: Cek Harga BBM Terbaru Agustus 2022: Pertamina Dex, Pertalite, Pertamax, hingga Dexlite di SPBU Hari Ini

Airlangga mengungkapkan program bantuan sosial (bansos) tersebut untuk memitigasi dampak negatif ke perekonomian masyarakat dengan adanya kenaikan harga energi.

"Ya, tentu perlindungan sosialnya akan kita tebalkan. Kita sudah punya banyak sistem yang sudah dilakukan selama dalam Komite Penanganan Covid-19 dan PEN," kata Airlangga.

Menanggapi hal itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Teguh Dartanto mengungkapkan langkah pemberian bansos pada masyarakat bisa memanfaatkan mekanisme yang telah diberlakukan saat penanganan covid-19. Menurutnya, data penerima bansos telah dimutakhirkan oleh Kementerian Sosial.

Baca Juga: Harga BBM Terbaru 2022 Pertamax, Pertalite, Dexlite, dan Pertamina Dex: Update Harga di SPBU Seluruh Indonesia

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x