Pemerintah Harus Siapkan Langkah Antisipasi Dampak Buruk jika Naikkan Harga BBM Subsidi

- 26 Agustus 2022, 19:30 WIB
Pemerintah diminta mengantisipasi semua dampak buruk jika resmi menaikkan harga BBM subsidi solar dan pertalite.
Pemerintah diminta mengantisipasi semua dampak buruk jika resmi menaikkan harga BBM subsidi solar dan pertalite. /UNSPLASH/@dpreacherdawn

BERITA DIY - Pemerintah diminta untuk mengantisipasi semua dampak buruk yang mungkin terjadi jika resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Meskipun bertujuan untuk mengurangi beban APBN, namun langkah pemerintah menaikkan harga BBM subsidi yang mayoritas digunakan rakyat kelas menengah ke bawah ini harus dipikirkan baik-baik.

Secara makro, langkah ini bisa menaikkan inflasi dan menurunkan daya beli masyarakat yang menghambat perekonomian nasional.

Direktur Eksekutif CORE Muhammad Faisal memproyeksikan pemerintah akan menaikkan harga BBM dan menggelontorkan BLT untuk masyarakat.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Salurkan Bansos jika Menaikkan Harga BBM Subsidi

Namun menurutnya, pemerintah harus mencari solusi lain ketimbang terus menerus bicara harga.

“Dengan cara menaikkan harga saja itu gampang, tetapi kita tidak bisa begitu terus, harus ada cara lain,” kata Faisal saat dihubungi hari ini (26/8).

Namun sebagai solusi dalam jangka pendek, menaikkan harga BBM adalah yang paling mungkin bagi pemerintah.

“Kemungkinan untuk naik lebih besar, pemerintah ada kelemahan untuk mengendalikan konsumsi bbm bersubsidi menurut jenis kendaraan karena ini masih subsidi yang melekat kepada barang bukan kepada orang,” sebut Faisal.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x