Cacar Monyet Seperti Apa, Apakah Berbahaya? Begini Gejala dan Ciri-ciri Terjangkit Monkeypox, Periode Sakit

- 21 Agustus 2022, 13:44 WIB
Penjelasan cacar monyet seperti apa, apakah berbahaya, gejala dan ciri-ciri terjangkit monkeypox serta periode sakit.
Penjelasan cacar monyet seperti apa, apakah berbahaya, gejala dan ciri-ciri terjangkit monkeypox serta periode sakit. /PIXABAY/Alexandra_Koch

BERITA DIY - Berikut penjelasan cacar monyet seperti apa, apakah berbahaya, gejala dan ciri-ciri terjangkit monkeypox serta periode sakit.

Penyakit cacar monyet ramai dibicarakan usai temuan Kementerian Kesehatan akan adanya satu kasus cacar monyet pada seorang pria berusia 27 tahun di DKI Jakarta.

Secara kasat mata, cacar monyet ini hampir serupa dengan penyakit cacar air maupun campak.

Berdasar ungguhan Kementerian Kesehatan, cacar monyet merupakan penyakit lama yang pertama kali ditemukan pada tahun 1958. Kala itu cacar menyerang monyet.

Baca Juga: Cacar Monyet di Indonesia: Penyebab, Gejala, Penyembuhan, Apakah Ada Obat Monkeypox Berupa Salep?

Namun, pada tahun 1970, kasus cacar monyet ditemukan menyerang manusia. Cacar monyet ini merupakan penyakit zoonosis yang disebabkan infeksi virus monkeypox.

Masyarakat Indonesia diminta tidak panik karena penularan cacar monyet diklaim rendah, dibandingkan virus Covid-19.  Adapun kasus meninggal akibat monkeypox yaitu 0,0001 persen.

Cacar monyet dapat dihindari dengan cara tidak kontak dengan hewan atau manusia yang sudah terkonfirmasi monkeypox. Lalu, hindari kontak dengan tempat maupun alat yang diduga terinfeksi virus monkeypox. 

Pasien monkeypox juga harus dipisahkan. Namun, jika ingin bertemu dengan pasien cacar monyet, seseorang harus menggunakan alat pelindung diri (APD).

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x