Pasien Pertama Monkeypox Pertama di Indonesia Terkonfirmasi, Simak Gejala dan Langkah Pencegahannya di Sini

- 21 Agustus 2022, 12:47 WIB
Ilustrasi. Berikut informasi terkait pasien pertama monkeypox di Indonesia yang dikonfirmasi Kemenkes RI, simak gejala dan langkah pencegahan di rumah.
Ilustrasi. Berikut informasi terkait pasien pertama monkeypox di Indonesia yang dikonfirmasi Kemenkes RI, simak gejala dan langkah pencegahan di rumah. /UNSPLASH/@nci

BERITA DIY - Simak informasi terkait pasien pertama monkeypox di Indonesia yang telah dikonfirmasi oleh Kemenkes RI, berikut disertai penjelasan gejala dan langkah pencegahannya di rumah.

Penyakit monkeypox atau yang saat ini dikenal dengan nama Clade Virus, merupakan penyakit menular yang menjadi perhatian dunia.

Penyakit zoonosis yang pada awalnya menular melalui hewan pengerat serta primata tersebut, kini bisa ditularkan oleh sesama manusia.

Clade virus atau cacar monyet akan menyebabkan cacar dan benjol seperti jerawat besar dengan jumlah yang banyak pada beberapa bagian tubuh.

Baca Juga: Cacar Monyet Terkonfirmasi Ada di Indonesia: Ini Gejala, Penyebab, Lengkap Cara Mengobati Penderita Monkeypox

Cacar tersebut akan membesar dan mengandung nanah pada fase terakhirnya sebelum kering.

Monkeypox akan terjadi selama dua hingga empat minggu sebelum kering dan sembuh dengan sendirinya.

Pasien pengidap monkeypox perlu menahan rasa gatal serta gerakan tubuh untuk mencegah pecahnya cacar pada tubuh.

Kini pasien pertama dari monkeypox di Indonesia telah dikonfirmasi oleh Kemenkes dan sedang dalam proses perawatan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x