Update Terkini Suspek Monkeypox di Jateng Indonesia yang Trending di Google dan Daftar Gejala Cacar Monyet

- 5 Agustus 2022, 08:59 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan jika hasil pemeriksaan suspek monkeypox di Pati, Jateng Indonesia adalah negatif. Ini penjelasan apa itu cacar monyet lengkap gejala dan cara penularan penyakit.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan jika hasil pemeriksaan suspek monkeypox di Pati, Jateng Indonesia adalah negatif. Ini penjelasan apa itu cacar monyet lengkap gejala dan cara penularan penyakit. /Twitter.com/@MyHeartAssoc

BERITA DIY - Hasil pemeriksaan suspek monkeypox di Jawa Tengah (Jateng) Indonesia keluar dan menjadi trending di Google, lantas apa itu cacar monyet, cara penularan dan gejala cacar monyet?

Dikutip dari jatengprov.go.id, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan jika hasil pemeriksaan suspek monkeypox di Pati adalah negatif.

Di mana, setelah mengikuti tes PCR monkeypox, suspek cacar monyet tersebut dinyatakan negatif.

“Kemarin terindikasi satu (orang pasien suspek monkeypox), tadi hasil PCR-nya negatif,” kata Ganjar di Desa Cabean Kunti, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Kamis 4 Agustus 2022.

Kendati demikian, Ganjar mengimbau agar masyarakat yang punya gejala cacar monyet atau monkeypox untuk segera jalani pemeriksaan di layanan kesehatan terdekat.

Baca Juga: Suspek Monkeypox Ditemukan di Jawa Tengah, Berikut Gejala dan Langkah Pencegahan Cacar Monyet

Lalu, apa itu monkeypox?

Dilansir dari infeksiemerging.kemkes.go.id, monkeypox atau dalam Bahasa Indonesia disebut cacar monyet adalah penyakit zoonis yang artinya ditularkan dari hewan ke manusia. Kemudian menular dari manusia ke manusia.

Penyakit dari virus monkeypox pertama kali ditemukan di Denmark tahun 1958, kemudian kasus bagi manusia pertama kali ditemukan di Republik Kongo pada 1970.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x