6 Cara Mencegah Penularan Monkeypox, Gejala dan Golongan Orang yang Rentan Tertular Monkeypox

- 2 Agustus 2022, 16:00 WIB
Ilustrasi - Berikut 6 cara mencegah penularan monkeypox, disertai gejala monkeypox serta informasi terkait golongan orang yang rentan untuk tertular.
Ilustrasi - Berikut 6 cara mencegah penularan monkeypox, disertai gejala monkeypox serta informasi terkait golongan orang yang rentan untuk tertular. /Tangkap layar sehatnegeriku.kemkes.go.id

BERITA DIY - Simak penjelasan mengenai 6 cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan monkeypox, berikut disertai gejala dari monkeypox serta informasi terkait golongan orang yang rentan untuk tertular.

Monkeypox atau cacar monyet merupakan penyakit menular yang sebelumnya telah menjadi perhatian World Health Organization (WHO) sejak Juli 2022.

Dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, penyakit menular tersebut Monkeypox kini telah ditemukan pada 75 negara di dunia.

Akan tetapi, Juru Bicara COVID-19 Kementerian Kesehatan, Moh. Syahril, telah mengkonfirmasi bahwa hingga saat ini belum ada penularan monkeypox di Indonesia.

Baca Juga: Kenali Gejala Cacar Monyet, Bisa Menular Lewat Apa? Simak Cara Mencegah Penularan Penyakit Itu

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Moh. Syahril melalui keterangan pers “Update Perkembangan Cacar Monyet di Indonesia” pada Rabu 27 Juli 2022.

Cacar monyet merupakan penyakit zoonosis atau ditularkan melalui hewan dan menyebabkan gangguan pada kulit pengidapnya.

Kini penyakit tersebut juga bisa ditularkan oleh sesama manusia melalui kontak langsung, terkena cairan tubuh, hubungan seksual, hingga menggunakan peralatan sehari-hari yang sama dengan pasien.

Ketika seseorang tertular oleh monkeypox, maka orang tersebut akan menunjukkan gejala awal seperti:

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x