7 Gejala Cacar Monyet yang Harus Diketahui Lengkap dengan Langkah Pencegahan Infeksi

- 28 Juli 2022, 14:45 WIB
Ilustrasi - Gejala cacar monyet yang harus diketahui dan diwaspadai lengkap dengan langkah pencegahan.
Ilustrasi - Gejala cacar monyet yang harus diketahui dan diwaspadai lengkap dengan langkah pencegahan. /PIXABAY/TheDigitalArtist

BERITA DIY - Simak tujuh gejala cacar monyet yang harus diketahui lengkap dengan pencegahan infeksi cacar menoyet yang telah ditetapkan WHO sebagai darurat kesehatan global.

Penyakit cacar monyet yang menyebar di Afrika dan wilayah lainnya telah ditetapkan oleh WHO sebagai darurat kesehatan global yang membutuhkan erhatian dari semua kalangan.

Cacar menoyet memang belum dilaporkan ada, sampai atau masuk ke Indonesia namun kewaspadaan dan pengetahuan seutar penyakit ini diperlukan sebagai upaya pencegahan.

Ketahui apa itu cacar monyet, gejala dan upaya pencegahan yang dapat dilakukan utuk terhindari dari penyakit cacar monyet, berikut ini.

Baca Juga: Apa Itu Penyakit Cacar Monyet? Simak Gejala dan Tanda Mengalami Monkeypox yang Wajib Diwaspadai

Cacar monyet adalah penyakit zoonosis langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox.

Virus cacar monyet termasuk dalam genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae. termasuk virus penyebab cacar dan virus yang digunakan dalam vaksin cacar.

Penyakit ini pertama kali ditemukan pada tahun 1958 pada koloni monyet dan ditemukan menginfeksi manusia pada tahun 1970 di Afrika Tengah, Kongo, Liberia dan sekitarnya.

Virus cacar monyet dapat menyebar dari hewan ke manusia maupun dari manusia ke manusia melalui kontak langsung dengan luka infeksi.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x