Cacar Monyet Penyakit Apa? Ini Alasan Disebut Cacar Monyet Lengkap Ciri, Gejala, Proses Penularan, dan Obat

- 25 Juli 2022, 09:50 WIB
Ilustrasi saat ini penyakit cacar monyet sebagai darurat kesehatan global, cegah dengan melakukan beberapa hal seperti menjaga protokol kesehatan.
Ilustrasi saat ini penyakit cacar monyet sebagai darurat kesehatan global, cegah dengan melakukan beberapa hal seperti menjaga protokol kesehatan. /Pixabay/Alexandra_Koch

BERITA DIY- Penyakit cacar monyet sedang menjadi trending topik beberapa hari ini. banyak yang mencari informasi tentang apa itu penyakit cacar monyet dan apa alasan disebut cacar monyet.

Simak penjelasan yang berkaitan dengan cacar monyet adalah penyakit apa ini ciri, gejala, proses penularan, dan obat untuk menyembuhkan penyakit ini.

Cacar monyet adalah penyakit zoonosis virus langka yang terjadi dibeberapa wilayah di dunia seperti Afrika tengah dan barat.

Dikutip dari Pusat Krisis Kesehatan Kemkes, pada hari Sabtu, 23 Juli 2022 Sekretaris Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa penyakit cacar monyet atau monkeypox sebagai darurat kesehatan global.

Baca Juga: Apa Itu Cacar Monyet yang Ditetapkan WHO Sebagai Darurat Kesehatan Global? Gejala, Penyebab, Cara Pencegahan

Penyakit cacar monyet disebabkan oleh virus human monkeypox (MPXV) orthopoxvirus drai family poxviridae yang bersifat zoonosis itu menjadi salah satu alasan penyakit ini disebut cacar monyet.

Karena penyakit cacar monyet disebabkan oleh virus yang sifatnya zoonosis maka proses penularan cacar monyet dari hewan ke manusia.

Pada tahun 2022 ini wabah monkeypox atau penyakit cacar monyet dinyatakan oleh WHO sebagai wabah dan darurat kesehatan global.

Alasan penyakit cacar monyet dijadikan sebagai darurat kesehatan global yaitu para ahli dari seluruh dunia mengatakan bahwa ada aspek tidak biasa yang ditunjukan oleh cacar monyet.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x