Cara Penularan Cacar Monyet yang Ditetapkan WHO sebagai Darurat Kesehatan Global

- 25 Juli 2022, 13:00 WIB
Ilustrasi - Cara penularan cacar monyet yang ditetapkan WHO sebagai darurat kesehatan global, kepada dan dari siapa saja.
Ilustrasi - Cara penularan cacar monyet yang ditetapkan WHO sebagai darurat kesehatan global, kepada dan dari siapa saja. /PIXABAY/Alexandra_Koch

BERITA DIY - Ketahui cara penularan penyakit cacar monyet yang ditetapkan oleh WHO sebagai darurat kesehatan global, berikut ini.

WHO telah mendeklarasikan dan menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. Pendeklarasian tersebut dilakukan pada Kamis, 21 Juli 2022.

Kabar ini menimbulkan banyak pertanyaan dari warganet dan masyarakat luas tentang apa itu sebenarnya penyakit cacar monyet serta bagaimana cara penularan cacar monyet.

Dikutip dari laman resmi WHO, cacar monyet merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox, infeksi zoonosis virus yang dapat menyebar dari hewan ke manusia dan dari orang ke orang.

Baca Juga: Cacar Monyet: Gejala, Cara Penularan, dan Pencegahan Penyakit Kulit Jadi Darurat Internasional

Virus cacar monyet dapat menyebar dari hewan ke orang ketika seseorang melakukan kontak dengan hewan yang terinfeksi, hewan tersebut termasuk hewan pengerat dan primata.

Kebanyakan kasus cacar monyet akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu, namun beberapa lainnya juga dapat menyebabkan komplikasi medis bahkan kematian.

Berikut cara penularan atau penyebaran cacar monyet dikutip dari laman resmi WHO, selengkapnya.

Penularan cacar monyet dari orang ke orang melalui kontak dekat dengan seseorang yang memiliki ruam cacar monyet, termasuk melalui kontak, kulit ke kulit, mulut ke mulut atau mulut ke kulit, termasuk kontak seksual.

Halaman:

Editor: Sani Charonni

Sumber: WHO


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x