7 Pakaian Adat Baju Daerah dari Berbagai Provinsi yang Pernah Dipakai Joko Widodo dalam Acara Kenegaraan

- 17 Agustus 2022, 15:20 WIB
Tujuh pakaian adat atau baju daerah dari berbagai provinsi di Indonesia yang pernah dipakai Presiden Joko Widodo dalam acara kenegaraan seperti Sidang Bersama MPR dan Upacara Detik-Detik Proklamasi tiap 17 Agustus.
Tujuh pakaian adat atau baju daerah dari berbagai provinsi di Indonesia yang pernah dipakai Presiden Joko Widodo dalam acara kenegaraan seperti Sidang Bersama MPR dan Upacara Detik-Detik Proklamasi tiap 17 Agustus. /Instagram.com/@jokowi

BERITA DIY – Simak tujuh pakaian adat atau baju daerah yang pernah digunakan oleh Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara penting kenegaraan seperti Sidang MPR dan Upacara Detik-Detik Proklamasi RI setiap 17 Agustus.

Presiden Joko Widodo memang dinilai kerap menggunakan berbagai pakaian daerah atau baju adat dari berbagai provinsi di Indonesia.

Terkini, Presiden Joko Widodo menggunakan baju Dolomani yang berasal dari Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Rabu, 17 Agustus 2022.

Dikutip oleh BERITA DIY dari laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Presiden Jokowi menilai Indonesia memiliki kekayaan budaya yang tinggi dan akan terus berusaha mengangkatnya dalam berbagai kesempatan.

Baca Juga: 68 Nama Anggota Paskibraka Nasional 2022 dalam Upacara Bendera HUT RI ke-77 17 Agustus 2022 di Istana Merdeka

“Dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah juga Kalimantan Selatan, pernah Sunda, pernah Jawa, Betawi. Memang kekayaan budaya pakaian adat ini memang ribuan. Jumlahnya ribuan. Nanti sampai ke Maluku, Papua, semuanya nanti semuanya akan kita angkat,” ucap Presiden pada HUT ke-75 RI.

Berikut merupakan tujuh pakaian adat atau baju daerah dari berbagai provinsi di Indonesia yang pernah digunakan oleh Presiden Joko Widodo dalam acara penting kenegaraan:

1. Pakaian adat Klungkung dari Provinsi Bali

Pada Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2019, Presiden Joko Widodo menggunakan pakaian adat asal Klungkung dari provinsi Bali.

Presiden Jokowi mengenakan pakaian bernuansa hitam dengan dipadukan kain batik corak Bali dengan mahkota dan simbol serupa kalung di bagian atas kemeja berwarna emas.

Baca Juga: Profil Farel Prayoga Ojo Dibandingke yang Tampil di Upacara HUT RI ke-77 di Istana Merdeka 17 Agustus 2022

Tak ketinggalan, Ibu Negara Iriana Joko Widodo menggunakan pakaian adat Batak Simalungun, sementara Wapres RI saat itu, Jusuf Kalla, menggunakan pakaian adat khas Aceh.

2. Pakaian adat Sasak dari Nusa Tenggara Barat

Sehari sebelum Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2019, Presiden Joko Widodo terlebih dahulu menggunakan pakaian adat Sasak dari Nusa Tenggara Barat.

Dalam Sidang bersama DPR dan MPR tersebut, Presiden Joko Widodo menggunakan pakaian adat Sasak yang kental dengan corak berwarna emas dipadukan dengan kain batik dan selendang.

Tidak lupa Presiden Jokowi juga ikut mempromosikan pakaian adat tersebut pada para pejabat pemerintahan yang hadir di sidang tersebut.

Baca Juga: Profil I Dewa Ayu Paskibraka Pembawa Baki Bendera Pusaka Merah Putih pada Upacara HUT RI di Istana Merdeka

“Tadi banyak yang nanya, saya pakai baju apa? Nunas nurge tiang matur ini pakaian adat Sasak, Nusa Tenggara Barat. Dari Bumi Sasak Berembe kabar, pelungguh de senamean?” jelas Presiden Jokowi.

3. Pakaian adat Pepadun dari Provinsi Lampung

Pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021, Presiden Joko Widodo menggunakan pakaian adat Pepadun dari Provinsi Lampung.

Pakaian yang didominasi oleh lengan panjang dan celana panjang berwarna putih ini kemudian dihias dengan Sarung Tumpal khas Lampung yang terdapat di ornamen selendang, ikat pinggang, hingga tutup kepala.

Tak ketinggalan Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga memakai busana nasional berwarna gading dengan menggunakan kain songket dan hijab sebagai penutup kepala.

Baca Juga: Lirik Lagu Ojo Dibandingke - Farel Prayoga yang Dinyanyikan di Depan Presiden Jokowi saat Upacara HUT RI ke-77

4. Pakaian adat Timor Tengah Selatan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur

Pada upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 yang digelar secara terbatas, Presiden Joko Widodo menggunakan pakaian adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Di momen tersebut Presiden Jokowi menggunakan kain tenun Berantai Kaif Nunkolo yang telah dimodifikasi dengan bentuk geometris belah ketupat yang melambangkan sumber air dan bagian bukit-bukit di NTT.

Tidak hanya simbolis dari bentuk hiasan, warna merah dan ikat kepala yang digunakan oleh Presiden Jokowi merupakan penggambaran sifat berani dan pemimpin atau raja yang melindungi.

5. Pakaian adat Pulau Sabu dari Provinsi Nusa Tenggara Timur

Presiden Joko Widodo diketahui tidak hanya sekali menggunakan pakaian adat dari provinsi yang sama dalam dua acara yang berbeda.

Baca Juga: Kata-kata Motivasi Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022 Singkat dan Lucu di HUT RI ke 77 2022

Pada Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2020 dan Pidato Kenegaraan HUT ke-75 RI, Joko Widodo menggunakan pakaian adat Pulau Sabu dari Provinsi NTT.

Sekedar informasi, Pulau Sabu merupakan salah satu pulau yang berada di paling ujung selatan Indonesia dan menjadi pulau terluar.

Dalam kesempatan tersebut, Joko Widodo menggunakan pakaian berwarna hitam dengan selendang yang menyilang dari kedua bahu hingga terus ke bawah.

Selendang berwarna emas tersebut juga diambil sebagai selendang celana dan penutup kepala yang digunakan Presiden Joko Widodo sebagai ungkapan cinta para produk Indonesia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Pakai Baju Apa di Upacara 17 Agustus 2022 HUT RI ke 77? Apa Nama Baju Adat, dari Daerah Mana?

6. Pakaian adat Tanah Bumbu dari Provinsi Kalimantan Selatan

Tidak hanya saat Hari Kemerdekaan saja, rupanya Presiden Joko Widodo kerap menggunakan pakaian daerah dalam acara penting lain seperti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila.

Pada upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2021, Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara menggunakan pakaian adat khas Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi menggunakan semacam jas berwarna hitam dengan ornamen berwarna emas dan kain selendang serta penutup kepala dengan kain hijau adat Tanah Bumbu.

7. Pakaian adat Paksian asal Provinsi Bangka Belitung

Pada sidang tahunan MPR RI Tahun 2022 dan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT RI ke-77 pada 16 Agustus 2022 kemarin, Presiden Jokowi menggunakan baju daerah Paksian dari Bangka Belitung.

Baca Juga: 17 Kata Mutiara Bung Karno Spesial Tentang Kemerdekaan untuk Status WA, IG, FB Ucapan Kemerdekaan HUT RI ke 77

Ditemani oleh Ibu Iriana yang menggunakan pakaian berwarna merah muda, Presiden Joko Widodo percaya diri menggunakan baju daerah dengan warna dominan hijau dengan motif pucuk rebung.

Motif pucuk rebung sendiri adalah representasi kerukunan dan kedamaian, sementara warna hijau dipilih karena melambangkan kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Demikian tujuh pakaian adat atau baju daerah yang pernah digunakan oleh Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara penting kenegaraan seperti Sidang MPR dan Upacara Detik-Detik Proklamasi RI setiap 17 Agustus.***

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x