3 Manfaat Menonton, Merasakan, atau Membaca Cerita Horor Terhadap Kesehatan Mental

- 2 Agustus 2022, 12:40 WIB
Ilustrasi - Berikut 3 manfaat ketika menonton, merasakan, maupun membaca cerita horor, di mana memberikan dampak positif untuk kesehatan mental.
Ilustrasi - Berikut 3 manfaat ketika menonton, merasakan, maupun membaca cerita horor, di mana memberikan dampak positif untuk kesehatan mental. /UNSPLASH/@californong

BERITA DIY - Simak penjelasan terkait 3 manfaat yang bisa didapatkan seseorang ketika menonton, merasakan, maupun membaca cerita horor, bisa memberikan dampak positif untuk kesehatan mental.

Cerita horor yang menceritakan hantu, monster, maupun dokumentasi kasus kriminal tentunya menjadi hiburan bagi sebagian orang.

Terkadang bagi orang-orang yang tertarik dengan cerita horor tersebut akan merasakan rasa takut yang nyata.

Meskipun ada juga orang yang tidak akan terpicu dengan rasa takut dan menikmatinya seperti cerita film, bacaan, atau atraksi pada umumnya.

Baca Juga: Apa itu Depression Writing dan Manfaatnya untuk Menjaga Kesehatan Mental dengan Cara Menulis

Dikutip dari healthline.com, rasa takut yang dirasakan ketika mendengar atau menonton suatu cerita horor memiliki manfaat yang bagus bagi seseorang dengan keadaan stress, depresi, maupun anxiety.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Wes Craven sebagai sutradara film ‘A Nightmare on Elm Street’ dan ‘Scream’.

Wes Craven menyatakan bahwa film horor tidak menciptakan rasa takut, melainkan melepaskan rasa takut pada seseorang.

Manfaat dari cerita maupun film horor sendiri juga diungkapkan oleh Andrew Scahill, PhD seorang asisten profesor di universitas Colorado dan penulis buku “The Revolting Child in Horor Cinema”.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x