Apa Itu Kalimat Intransitif dan Transitif, Pengertian dan Contoh Penggunaan

- 27 Juli 2022, 14:10 WIB
Ilustrasi - Informasi apa itu kalimat intransitif dan transitif, pengertian dan contoh penggunaan, objek jadi satu unsur pembeda.
Ilustrasi - Informasi apa itu kalimat intransitif dan transitif, pengertian dan contoh penggunaan, objek jadi satu unsur pembeda. /PEXELS/Karolina Grabowska

BERITA DIY - Informasi apa itu kalimat intransitif dan transitif, pengertian dan contoh penggunaan, objek jadi satu unsur yang membedakan keduanya.

Ada beragam jenis kalimat dalam Bahasa Indonesia. Secara umum kita mengenal bahwa suatu kalimat biasanya akan dibentuk dari susunan S-P-O-K.

Penyusun tersebut meliputi subjek (S), predikat(P), objek (O), dan keterangan (K). Berikut akan dijelaskan tentang apa itu jenis kalimat intransitif dan transitif beserta contohnya.

Pada kurikulum merdeka belajar, materi mengenai kalimat intransitif dan transitif diajarkan untuk kelas 4 SD mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Apa Itu Fenomena Aphelion yang Diduga Menjadi Penyebab Suhu Dingin di Berbagai Daerah Belakangan Ini?

Materi kedua kalimat tersebut muncul pada bab 1 di buku paket Bahasa Indonesia Lihat Sekitar SD kelas IV yang dikeluarkan pada tahun 2021.

Pembahasan mengenai pengertian kalimat intransitif dan transitif di ambil dari buku paket Bahasa Indonesia tersebut.  Hal mendasar yang menjadi pembeda kedua kalimat ini adalah keberadaan unsur objek. 

Secara pengertian, kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak memerlukan objek. Jadi meskipun tidak mengandung objek kalimat intransitif tetap bisa membentuk kalimat yang baik.

Kalimat intransitif dapat dibentuk dari S dan P saja. Sebagai contoh, Starla bernyanyi, Starla sebagai subjek dan bernyanyi sebagai predikat.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x