Apa Itu Culture Shock? Begini Cara Mengatasi Culture Shock di Lingkungan dengan Budaya yang Berbeda

- 24 Juli 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi - Berikut penjelasan fenomena culture shock, disertai cara mengatasi fenomena culture shock ketika berada di tempat dengan perbedaan budaya.
Ilustrasi - Berikut penjelasan fenomena culture shock, disertai cara mengatasi fenomena culture shock ketika berada di tempat dengan perbedaan budaya. /Tangkap Layar Instagram/@valentinp

BERITA DIY - Simak penjelasan mengenai apa itu fenomena culture shock, disertai dengan cara untuk mengatasi fenomena culture shock ketika berada di luar negeri maupun lingkungan sosial yang memiliki perbedaan budaya.

Culture shock merupakan fenomena di mana seseorang merasa terkejut dengan budaya atau perilaku orang-orang di suatu tempat yang berbeda.

Selain itu istilah dari culture shock digunakan untuk menggambarkan rasa gelisah, ketidaknyamanan, dan salah tingkah terhadap budaya baru yang ditemui.

Fenomena culture shock dapat terjadi di manapun tanpa harus keluar negeri, karena keanekaragaman budaya Indonesia di setiap daerah sudah dapat menyebabkan culture shock.

Baca Juga: Dampak Positif dari Potensi Keragaman Budaya di Indonesia: Contoh dalam Kehidupan Bangsa dan Negara

Perlu diingat bahwa culture tidak hanya bisa terjadi karena bertemu dengan budaya baru, karena orang yang sudah terlalu lama di luar negeri kemudian kembali ke Indonesia juga dapat mengalami culture shock.

Perbedaan budaya yang dapat menyebabkan terjadi culture shock bisa terjadi karena:

1. Perbedaan dalam budaya cara berpakaian

2. Perbedaan dalam bahasa yang digunakan sehari-hari

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x