Amalan Sunnah pada Hari Raya Idul Adha 2022: Sebelum Melaksanakan Ibadah Sholat Idul Adha pada 10 Dzulhijjah

- 9 Juli 2022, 04:00 WIB
Ilustrasi - Ini amalan ibadah sunnah sebelum Sholat Idul Adha.
Ilustrasi - Ini amalan ibadah sunnah sebelum Sholat Idul Adha. /UNSPLASH/@levimeirclancy

BERITA DIY - Simak amalan sunnah sebelum Sholat Idul Adha pada 10 Dzulhijjah yang dapat dilaksanakan baik pada malam hari sebelumnya maupun pada pagi hari yang akan datang.

Terdapat sejumlah ibadah ataupun amalan yang dapat dilaksanakan sebelum nantinya menjalankan ibadah dalam Sholat Idul Adha yang dilakukan pada 10 Dzulhijjah tersebut.

Sesuai dengan hukum yang telah ditetapkan, bahwa berbagai amalan ibadah tersebut bersifat sunnah atau dengan kata lain yaitu dianjurkan untuk dilakukan namun jika tidak dilaksanakan tidak berdosa.

Berbagai amalan atau ibadah sunnah tersebut baik untuk dilaksanakan guna menambah kebaikan ataupun pahala bagi umat Islam yang akan melaksanakan nantinya.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Arafah Idul Adha 2022 Arab, Latin dan Artinya Tanggal 9 Dzulhijjah 1443 H Serta Keutamaannya

Sesuai dengan yang telah ditetapkan beberapa waktu yang lalu, bahwa Kementerian Agama atau Kemenag sesuai dengan hasil sidang isbat telah menetapkan tanggal untuk Idul Adha.

Disebutkan bahwa berdasarkan pada hasil sidang isbat tersebut, bahwa hari raya Idul Adha 1443 H akan bertepatan dengan Minggu 10 Juli 2022 yang nantinya akan datang.

Selain itu, Muhammadiyah juga telah menetapkan mengenai jadwal Idul Adha 1443 H yang rencananya akan jatuh pada Sabtu 9 Juli 2022 atau jika dihitung dalam penanggalan masehi.

Sehingga umat Islam khususnya di Indonesia pun dapat memilih kapan melaksanakan ibadah dalam Idul Adha sesuai dengan ketetapan dari masing-masing tersebut.

Baca Juga: Teks Bacaan Takbiran Idul Adha 2022 Lengkap, Allahu Akbar Kabiro: Arab, Latin dan Artinya Bahasa Indonesia

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x