Bacaan Niat Puasa Arafah Idul Adha 2022 Arab, Latin dan Artinya Tanggal 9 Dzulhijjah 1443 H Serta Keutamaannya

- 8 Juli 2022, 19:20 WIB
Ilustrasi - Niat puasa Arafah Idul Adha 2022 bacaan Arab, latin, dan artinya dan keutamaan puasa Arafah.
Ilustrasi - Niat puasa Arafah Idul Adha 2022 bacaan Arab, latin, dan artinya dan keutamaan puasa Arafah. /PIXABAY/@pictavio
BERITA DIY - Berikut merupakan niat puasa Arafah Idul Adha 2022 dan doa buka puasa. Simak selengkapnya niat puasa Arafah bahasa Arab, latin, dan artinya disertai keutamaan puasa.
 
Puasa Arafah Idul Adha 2022 merupakan ibadah yang sangat istimewa. Hal tersebut dikarenakan ganjaran dan fadhilah yang didapatkan apabila melaksanakan ibadah puasa Arafah.
 
Adapun waktu pelaksanaan ibadah puasa Arafah yakni pada tanggal 9 Dzulhijjah 1443 H. Namun di Indonesia, pelaksanaan ibadah puasa Arafah tentunya berbeda mengingat penetapan 1 Dzulhijjah 1443 H berbeda antara pemerintah, NU, dan Muhammadiyah.
 
Bagi kalangan Muhammadiyah, pelaksanaan ibadah puasa Arafah tentu dilakukan hari ini. Namun bagi yang mengikuti ketetapan NU dan pemerintah, maka pelaksanaan puasa Arafah Idul Adha 2022 masih dilakukan pada Sabtu, 9 Juli 2022. 
 
 
Dikutip dari kanal Youtube Al-Bahjah TV pada 18 Juli 2021. Buya Yahya menjelaskan keistimewaan ibadah puasa Arafah bagi yang melaksanakannya.
 
Buya juga menjelaskan bahwa puasa Arafah dapat mengampuni dosa umat Islam bagi yang menjalankan. Buya juga menjelaskan bahwa Allah SWT akan mengampuni dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang dengan catatan menyesali seluruh amal perbuatan dosa tersebut.
 
“Puasa Arafah adalah amalan Nabi Muhammad SAW di mana Nabi pernah berpuasa dan berdoa kepada Allah SWT untuk mengampuni dosa-dosanya satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang dengan catatan menyesali amal perbuatan tersebut.” Tegas Buya Yahya dalam video tersebut.
 
Selain itu, Ustadz Adi Hidayat juga menjelaskan keistimewaan 9 Dzulhijjah apabila diisi oleh ibadah puasa Arafah. Hal tersebut disampaikannya melalui laman Youtube Adi Hidayat Official pada 30 Juli 2022. 
 
 
Dalam video tersebut Adi Hidayat menjelaskan bahwa pada hari Arafah umat Islam harus banyak berdoa dan berzikir kepada Allah SWT. Sebaiknya, ibadah dilakukan sambil merenung dan evaluasi diri hingga menyesali perbuatan dosa yang pernah dilakukan dan komitmen untuk tidak mengulangi.
 
Berikut merupakan niat untuk melaksanakan puasa Arafah tanggal 9 Dzulhijjah 1443 H bacaan Arab, latin, dan artinya: 
 
Niat Puasa Arafah
 
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى
 
"Nawaitu shauma ghadin 'an adaa i sunnati Arofah Lillaahi Ta'aalaa".
 
 
Artinya: Aku niat puasa sunnah Arafah besok hari karena Allah.
 
Adapun doa buka puasa Arafah Idul Adha 2022 adalah sebagai berikut: 
 
اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
 
 
Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin
 
 
Artinya:
"Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka. Dengan rahmat-Mu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."
 
Demikian informasi mengenai niat puasa Arafah Idul Adha 2022 dilengkapi doa buka puasa puasa Arafah. Simak selengkapnya bacaan niat puasa Arafah dan Tarwiyah tanggal 9 Dzulhijjah 1443 H bacaan Arab, latin, dan artinya disertai keutamaan puasa Arafah melalui artikel ini.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x