Kapan dan Berapa Hari Puasa Arafah Tarwiyah Sebelum Idul Adha? Ini Jadwal Serta Niat Arab, Latin dan Arti

- 7 Juli 2022, 15:25 WIB
Ilustrasi kapan dan berapa hari puasa Arafah dan Tarwiyah sebelum hari raya Idul Adha 2022, serta niat dengan tulisan Arab, latin, dan artinya.
Ilustrasi kapan dan berapa hari puasa Arafah dan Tarwiyah sebelum hari raya Idul Adha 2022, serta niat dengan tulisan Arab, latin, dan artinya. /PIXABAY/@Konevi

BERITA DIY –  Menjelang Hari Raya Idul Adha, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah Arafah dan Tarwiyah.

Kapan dan berapa hari puasa Arafah dan Tarwiyah sebelum Idul Adha 2022? Simak artikel ini untuk penjelasan serta niat dengan tulisan Arab, latin dan artinya.

Keutamaan menjalankan puasa Arafah dan Tarwiyah sebelum Idul Adha sangat besar, hal ini tergambar dalam sabda Nabi Muhammad SAW., bahwa:

“Puasa satu hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya. Puasa hari ‘Asyura’ (tanggal 10 Muharram), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya.”(HR. Muslim, no 1162).

Baca Juga: Niat Puasa Idul Adha, Kapan Puasa Tarwiyah dan Arafah 2022? Simak Bacaan Niat Beserta Keutamaan Ibadah

Sedangkan pelaksanaan puasa Arafah dan Tarwiyah sebelum Idul Adha 2022 antara Muhammadiyah dan pemerintah memiliki perbedaan.

Keputusan pemerintah dari sidang Isbat 2022 menjelaskan bahwa Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Minggu, 10 Juli 2022.

Dengan keputusan tersebut, maka Arafah dan Tarwiyah jatuh pada tanggal 8 dan 9 Juli 2022, yakni puasa Tarwiyah pada tanggal 8 Juli dan puasa Arafah pada tanggal 9 Juli.

Sedangkan Muhammadiyah dalam keputusan mengenai Idul Adha yang terangkum Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1443 Hijriah, bawah Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Sabtu, 9 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x