Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha 2022 Tanggal 9 Dzulhijjah Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

- 7 Juli 2022, 11:55 WIB
Ilustrasi niat puasa Arafah NU, bacaan bahasa Arab, latin, dan artinya.
Ilustrasi niat puasa Arafah NU, bacaan bahasa Arab, latin, dan artinya. /Usplash/Masjid MABA

BERITA DIY - Puasa Arafah merupakan salah satu ibadah istimewa menjelang Hari Raya Idul Adha 2022. Simak niat puasa Arafah tanggal 9 Dzulhijjah bacaan Arab, Latin, dan artinya di sini.

Banyak umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah puasa sebelum Idul Adha 2022 pada awal bulan Dzulhijjah. Perlu diketahui bahwa pelaksanaan ibadah Puasa Arafah memiliki berbagai keistimewaan.

Puasa Arafah dilaksanakan oleh umat Islam pada 9 Dzulhijjah satu hari sebelum Hari Raya Idul Adha. Pada hari tersebut, umat Islam yang sedang menunaikan ibadah haji tengah melaksanakan wukuf di Arafah.

Perlu diketahui bahwa puasa Arafah memiliki ganjaran atau fadhilah yang besar apabila dilaksanakan dengan sempurna.  Karena Nabi Muhammad SAW yang langsung mendoakan bagi umatnya yang melaksanakan ibadah puasa Arafah.

Baca Juga: Puasa Sunah Dzulhijjah: Niat Puasa Tarwiyah, Tata Cara Pelaksanaan, Keutamaan, dan Kapan Waktu Dilaksanakan

Hal tersebut diketahui dari ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat dalam laman Youtubenya Adi Hidayat Official. Video tersebut diunggah pada 30 Juli 2020 dengan judul Rahasia 9 Dzulhijjah.

Dalam video tersebut dijelaskan bahwa puasa Arafah merupakan amalan istimewa. Hal tersebut berdasarkan hadist Nabi Muhammad SAW  mendoakan agar Allah SWT menggugurkan dosanya satu tahun yang lalu dan menjaga dari dosa satu tahun kedepan.

"Puasa yang ditunaikan di hari yang bertepatan dengan Arafah, aku berharap pahalanya di sisi Allah SWT bisa menggugurkan dosa-dosa setahun berlalu dan menjaga dari perbuatan dosa setahun yang akan datang," ungkap Adi Hidayat ketika menjelaskan fadhilah puasa Arafah.

Selain itu, Adi Hidayat juga menekankan agar mengisi ibadah puasa Arafah dengan kegiatan ibadah lainnya. Namun Adi menekankan bahwa pada saat menunaikan ibadah puasa, sebaiknya dibarengi dengan evaluasi diri dari kesalahan dan dosa yang pernah dilakukan.

Baca Juga: Apa Itu Puasa Arafah? Ini Niat Puasa Arafah Lengkap Teks Arab, Latin, Artinya Indonesia, dan Dasar Hukum

Hal tersebut dilakukan guna menyadarkan diri dari segala kesalahan. evaluasi dan kontemplasi nantinya dapat menjadi sebuah komitmen baru untuk dapat menghindari semua perbuatan dosa yang dilarang oleh Allah SWT.

Kontemplasi pada saat ibadah puasa Arafah sama seperti yang dilakukan oleh jamaah haji ketika menunaikan salah satu rukun haji yakni wukuf di Arafah. Menurut Adi, Allah SWT hanya akan menerima taubat dari hambanya yang berkomitmen untuk meninggalkan perbuatan dosa-dosa yang biasa dilakukannya dahulu.

Adapun niat puasa Arafah sebelum Idul Adha adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Latin: Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala

Baca Juga: Puasa Arafah dan Tarwiyah Kapan? Ini Bacaan Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Beserta Manfaat Keutamaannya

Artinya: "Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta'ala."

Demikian informasi mengenai niat puasa Arafah sebelum Idul Adha 2022. Simak selengkapnya niat puasa Arafah tanggal 9 Dzulhijjah bacaan Arab, latin, dan artinya.***

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x