Puasa Sunah Dzulhijjah: Niat Puasa Tarwiyah, Tata Cara Pelaksanaan, Keutamaan, dan Kapan Waktu Dilaksanakan

- 7 Juli 2022, 08:15 WIB
Ilustrasi. Puasa sunah Dzulhijjah: ini bacaan niat Puasa Tarwiyah, tata cara pelaksanaan, keutamaan, dan kapan waktu dilaksanakan.
Ilustrasi. Puasa sunah Dzulhijjah: ini bacaan niat Puasa Tarwiyah, tata cara pelaksanaan, keutamaan, dan kapan waktu dilaksanakan. /PIXABAY/@Javad_esmaeili

BERITA DIY - Simak penjelasan puasa sunah Dzulhijjah, ini bacaan niat puasa Tarwiyah, tata cara pelaksanaan, keutamaan, dan kapan waktu dilaksanakannya Puasa Sunah Tarwiyah.

Sebelum Hari Raya Idul Adha yang dilaksanakan pada 10 Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan melaksanakan beberapa ibadah sunah lain salah satunya puasa.

Terdapat beberapa puasa sunah yang bisa dilakukan sebelum melaksanakan salat Idul Adha salah satunya Puasa Sunah Tarwiyah. Puasa Sunah Tarwiyah adalah puasa sunah yang dikerjakan pada tanggal 8 Dzulhijjah.

Tahun 2022 ini Muhammadiyah dan pemerintah pelaksanaan salat Idul Adha berbeda. Muhammadiyah menetapkan pelaksanaan Idul Adha jatuh pada tanggal 9 Juli 2022.

Baca Juga: Kapan Hari Diharamkan Puasa? Ini 8 Macam Puasa yang Diharamkan dalam Islam Lengkap dengan Penjelasannya

Jika merujuk pada penetapan tersebut maka Muhammadiyah akan melaksanakan Puasa Sunah Tarwiyah pada tanggal 7 Juli 2022.

Sedangkan pemerintah menetapkan pelaksanaan Salat Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. Maka pelaksanaan Puasa Sunah Tarwiyah dapat dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2022.

Setiap ibadah wajib maupun sunah dalam ajaran Islam memiliki keutamaannya masing-masing tidak terkecuali Puasa Sunah Tarwiyah.

Puasa sunah yang dilaksanakan dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha ini memiliki keutamaan sendiri. Berikut keutamaan yang dimiliki oleh puasa sunah bulan Dzulhijjah ini dijelaskan dalam beberapa hadis Nabi Muhammad saw dikutip dari Lampung NU.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x