Kapan Hari Diharamkan Puasa? Ini 8 Macam Puasa yang Diharamkan dalam Islam Lengkap dengan Penjelasannya

- 7 Juli 2022, 07:15 WIB
Ilustrasi ini uraian tentang hari diharamkan puasa dan 8 macam puasa yang diharamkan dalam Islam lengkap dengan penjelasannya.
Ilustrasi ini uraian tentang hari diharamkan puasa dan 8 macam puasa yang diharamkan dalam Islam lengkap dengan penjelasannya. /PIXABAY/@TerriC

BERITA DIY - Berikut uraian tentang kapan hari diharamkan puasa? Ini delapan macam puasa yang diharamkan dalam Islam lengkap dengan penjelasannya.

Puasa adalah salah satu bentuk ibadah yang ada dalam ajaran Islam. Dalam ajaran agama Islam ada dua jenis puasa yaitu puasa wajib dan puasa sunah.

Puasa wajib dilakukan satu kali dalam setahun yaitu pada bulan Ramadhan, pelaksanaannya selama satu bulan penuh. Sedangkan puasa sunah ada banyak macamnya, ada yang dilakukan setiap hari dan ada juga yang dilakukan pada hari tentu.

Anjuran melaksanakan puasa baik itu yang wajib maupun sunah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis nabi. Meskipun melaksanakan puasa dianjurkan dalam Islam namun ada beberapa jenis puasa yang diharamkan untuk dilakukan.

Baca Juga: Apa Itu Puasa Tarwiyah? Dua Niat Puasa Tarwiyah Lengkap Teks Arab, Latin, Artinya Indonesia, dan Dasar Hukum

Ada banyak jenis puasa yang diharamkan dalam Islam dan alasan diharamkannya tersebut berkenaan dengan waktu. Untuk mengetahui apa saja puasa yang diharamkan dalam Islam serta alasannya baca penjelasan dalam artikel ini.

Dikutip dari Muhammadiyah, berikut ini delapan macam puasa yang diharamkan dalam Islam lengkap dengan penjelasannya:

1. Hari Raya Idul Fitri

Idul fitri merupakan salah satu hari raya yang ada dalam ajaran Islam. Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal setiap tahunnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x