Niat Puasa Arafah Lengkap Tata Cara Pelaksanaan, Keutamaan, dan Kapan Waktu Menyelenggarakan Puasa Arafah

- 7 Juli 2022, 08:10 WIB
Ilustrasi niat puasa Arafah lengkap tata cara pelaksanaan, keutamaan, dan kapan waktu menyelenggarakan puasa Arafah pada bulan Dzulhijjah 2022.
Ilustrasi niat puasa Arafah lengkap tata cara pelaksanaan, keutamaan, dan kapan waktu menyelenggarakan puasa Arafah pada bulan Dzulhijjah 2022. /PIXABAY/@Javad_esmaeili

BERITA DIY - Berikut niat puasa Arafah lengkap dengan tata cara pelaksanaan, keutamaan, dan kapan waktu menyelenggarakan puasa Arafah pada bulan Dzulhijjah 2022

Pada bulan Dzulhijjah ada beberapa ibadah yang dilakukan oleh umat Islam antara lain ibadah haji dan puasa. Salah satu puasa sunah yang ada pada bulan Dzulhijjah adalah puasa Arafah.

Puasa Arafah adalah ibadah Puasa Sunah yang dilakukan pada dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa Sunah Arafah dianjurkan bagi umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Melaksanakan Puasa Sunah Arafah sangat dianjurkan dilakukan untuk turut merasakan nikmat yang sedang dirasakan oleh para jamaah haji yang sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci Makkah.

Baca Juga: Niat Puasa Tarwiyah Bulan Dzulhijjah untuk 8 Juli 2022, Lafadz Arab, Latin dan Arti Indo, Kapan Niat Dibaca?

Dikutip dari  Jatim NU, sebagai informasi bahwa apabila terjadi perbedaan dalam penentuan awal bulan Dzulhijjah antara pemerintah Arab Saudi dan pemerintah Indonesia, makan umat Islam Indonesia melaksanakan puasa Arafah sesuai dengan ketetapan pemerintah setempat.

Untuk tata cara pelaksanaan Puasa Sunah Arafah sama seperti puasa-puasa pada umumnya yaitu diawali dengan niat yang diucapkan pada malam hari sebelum makan sahur.

Keutamaan puasa Arafah dijelaskan dalam salah satu hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah rahimahullah.

Dalam hadis tersebut disebutkan bahwa keutamaan Puasa Sunah Arafah dapat menghapus dosa orang yang melakukannya selama dua tahun sebelumnya dan dua tahun yang akan datang.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x