Puasa Arafah 2022 Tanggal Berapa? Ini Jadwal Menurut NU, Muhammadiyah, dan Kemenag serta Bacaaan Niatnya

- 7 Juli 2022, 10:45 WIB
ILUSTRASI: Pelaksanaan puasa arafah 2022 tanggal berapa menurut jadwal dari NU, Muhammadiyah, dan pemerintah atau Kemenag lengkap dengan bacaan niat puasa.
ILUSTRASI: Pelaksanaan puasa arafah 2022 tanggal berapa menurut jadwal dari NU, Muhammadiyah, dan pemerintah atau Kemenag lengkap dengan bacaan niat puasa. /PIXABAY/ mohamed_hassan

BERITA DIY – Simak tanggal berapa puasa Arafah 1443 Hijriyah (H) atau di tahun 2022 ini menurut Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan Kementerian Agama (Kemenag) serta bacaan niat sebelum melaksanakannya.

Pelaksanaan puasa Arafah 2022 memiliki perbedaan tanggal antara NU, Muhammadiyah, dan pemerintah atau Kemenag.

Adanya perbedaan tanggal puasa Arafah 2022 ini dikarenakan perbedaan hasil penentuan 1 Dzulhijjah 1443 H yang dilaksanakan NU, Muhammadiyah, dan Kemenag.

Adapun 1 Dzulhijjah 1443 H menurut NU yaitu jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022, Muhammadiyah pada Kamis, 30 Juni 2022, dan pemerintah melalui Kemenag yaitu Jumat, 1 Juli 2022.

Baca Juga: Niat Puasa Arafah Lengkap Tata Cara Pelaksanaan, Keutamaan, dan Kapan Waktu Menyelenggarakan Puasa Arafah

Maka, hal inilah yang mengakibatkan adanya perbedaan tanggal untuk puasa Tarwiyah, puasa Arafah, dan pelaksanaan Idul Adha 1443 H di tahun 2022 ini.

Puasa Arafah

Puasa Arafah dilaksanakan di bulan Dzulhijjah, di mana pada bulan tersebut terdapat keistimewaan terutama di sepuluh hari pertamanya.

Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits riwayat Abnu Abbas radiyallu’anhu berikut ini:

   ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام يعني أيام العشر قالوا: يا رسول الله! ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك شيء

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x