Niat Puasa Idul Adha, Kapan Puasa Tarwiyah dan Arafah 2022? Simak Bacaan Niat Beserta Keutamaan Ibadah

- 7 Juli 2022, 13:45 WIB
Ilustrasi - Ketahui niat Puasa Idul Adha ada bacaan dan keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah.
Ilustrasi - Ketahui niat Puasa Idul Adha ada bacaan dan keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah. /PIXABAY/@mohamed_hassan

BERITA DIY - Ini penjelasan kapan Puasa Tarwiyah dan Arafah 2022 lengkap dengan bacaan niat beserta dengan keutamaan yang dimiliki dalam menunaikan ibadah tersebut.

Umat Islam akan memasuki atau memperingati Idul Adha yang sesuai dengan yang telah ditetapkan berdasarkan pada penanggalan Hijriyah yaitu pada tanggal 10 Dzulhijjah mendatang.

Idul Adha yang akan diperingati pada 10 Dzulhijjah 1443 H tersebut, sesuai dengan ketetapan dari Kemenag akan bertepatan dengan Minggu 10 Juli 2022 yang akan datang.

Disisi lain, jika menilik pada ketetapan yang dilakukan oleh Muhammadiyah, Idul Adha 1443 H tersebut bertepatan dengan Sabtu 9 Juli 2022 seperti yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Apa Itu Hari Tasyrik Setelah Idul Adha, Mengapa Tak Boleh Puasa? Jadwal Hari Tasyrik 2022 dan Amalan Ibadah

Sebelum memperingati Idul Adha pada 10 Dzulhijjah tersebut, terdapat sejumlah rangkaian ibadah yang dianjurkan dan dapat dilaksanakan oleh umat Islam dan memiliki sejumlah keutamaan.

Pasalnya terdapat rangkaian ibadah sebelum Idul Adha yang dapat dilaksanakan yaitu seperti ibadah Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah yang dilaksanakan sesuai dengan tanggal.

Untuk ibadah Puasa Tarwiyah sendiri dapat dilaksanakan 2 hari sebelum Idul Adha yaitu pada tanggal 8 Dzulhijjah 1443H, atau jika berdasar pada ketetapan Kemenag maka dapat dilaksanakan pada Jumat 8 Juli 2022.

Sedangkan untuk ibadah Puasa Arafah adalah ibadah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah atau dengan ketetapan dari Kemenag, maka dapat dilaksanakan pada Sabtu 9 Juli 2022 mendatang.

Baca Juga: Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha 2022 Tanggal 9 Dzulhijjah Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x