Belum Bisa Melaksanakan Ibadah Haji? Ini Amalan-Amalan yang Setara dengan Ibadah Haji dan Umrah

- 7 Juli 2022, 14:25 WIB
Ilustrasi - Amalan-amalan yang setara dengan ibadah haji dan umrah bagi yang belum bisa melaksanakannya.
Ilustrasi - Amalan-amalan yang setara dengan ibadah haji dan umrah bagi yang belum bisa melaksanakannya. / UNSPLASH/Haidan

BERITA DIY – Berikut merupakan informasi mengenai amalan-amalan yang setara dengan ibadah haji dan umrah bagi yang belum bisa melaksanakannya.

Haji adalah salah satu rukun Islam bagi yang mampu lahir batin. Tentu ini membutuhkan biaya dan tenaga yang cukup besar. 

Beberapa umat Islam menabung untuk melakukan ibadah haji agar memenuhi rukun Islam ini sekaligus bisa melihat Ka'bah, mencium hajar aswad, sholat di masjidil haram, dan lain sebagainya.

Namun, tidak semua orang memiliki kecukupan biaya untuk bisa berangkat haji, dikarenakan estimasi pemberangkatan jamaah haji bisa puluhan tahun karena banyaknya masyarakat yang mendaftarkan diri untuk pergi ke tanah suci.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Terbaru di Bulan Dzulhijjah 2022: Menangkap Pesan Rasulullah di Bulan Haji

Lalu amalan apa yang dilakukan agar memperoleh pahala setara dengan orang-orang  yang haji dan umrah? Anas bin Malik meriwayatkan dari Nabi:

مَن صلَّى الغَداةَ في جَماعةٍ ، ثُمَّ قَعَدَ يذكُرُ اللَّهَ حتَّى تطلُعَ الشَّمسُ ، ثُمَّ صلَّى رَكعتينِ كانت لَه كأجْرِ حَجَّةٍ وعُمرةٍ قالَ رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ : تامَّةٍ تامَّةٍ تامَّةٍ

Artinya: Barangsiapa yang sholat subuh berjamaah kemudian dia duduk berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas sholat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, Rasulullah bersabda, yang sempurna, sempurna, sempurna (HR. Tirmidzi).

Melansir dari laman Badan Pengelola Keuangan Haji, terdapat amalan lain yang bila dilakukan maka pahalanya setara dengan haji dan umrah. Di antaranya ialah menghormati orang tua. 

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x