Lebaran Haji Hari Raya Idul Adha 2022 Tanggal Berapa Muhammadiyah, NU, dan Pemerintah Hasil Sidang Isbat?

- 6 Juli 2022, 17:33 WIB
Lebaran haji tanggal berapa pemerintah, lebaran Idul Adha 2022 berapa hari lagi, Muhammadiyah tanggal berapa?
Lebaran haji tanggal berapa pemerintah, lebaran Idul Adha 2022 berapa hari lagi, Muhammadiyah tanggal berapa? /PIXABAY/HansJuergenW

BERITA DIY - Berikut merupakan penjelasan Hari Raya Idul Adha 2022 tanggal berapa. Simak selengkapnya jadwal haji Muhammadiyah, NU, dan Kemenag atau pemerintah dari hasil sidang isbat.

Jadwal hari raya Idul Adha 2022 kini tengah banyak dicari oleh umat Islam di berbagai mesin pencarian. Diketahui bahwa lebaran haji tahun ini akan berbeda pelaksanaannya antara Muhammadiyah, NU, dan Pemerintah.

Adapun mengenai Hari Raya Idul Adha 2022 berapa hari lagi akan dimuat dalam artikel ini. Perhitungan terkait hari tersebut menyesuaikan dengan jadwal yang diikuti baik dari NU, Pemerintah, dan Muhammadiyah.

Tahun ini, Hari Raya Idul Adha antara Muhammadiyah, NU, dan Muhammadiyah berbeda setelah penetapan awal bulan Dzulhijjah berbeda. Perbedaan tersebut dikarenakan metode yang digunakan juga berbeda yakni rukyatul hilal, wujudul hilal atau imkan rukyat.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa di Bulan Dzulhijjah Sebelum Idul Adha 2022 dengan Tulisan Latin dan Arti Bahasa Indonesia

Dilansir dari  muhammadiyah.or.id, ormas tersebut telah mengeluarkan maklumat terkait dengan penetapan Hari Raya Idul Adha 2022. Dalam maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 menyatakan bahwa 1 Dzulhijjah tahun ini jatuh pada tanggal 30 Juni 2022.

Oleh karena itu, maklumat tersebut juga menyertakan bahwa 10 Dzulhijjah atau lebaran Hari Raya Idul Adha 2022 jatuh pada tanggal 9 Juli 2022. Maklumat tersebut dikeluarkan setelah Muhammadiyah melakukan perhitungan berdasarkan rukyatul hilal.

Di samping itu, pemerintah secara resmi mengumumkan hasil sidang isbat yang menetapkan bahwa 1 Dzulhijjah jatuh pada 1 Juli 2022. Berdasarkan ketetapan tersebut, maka Hari Raya Idul Adha 2022 versi pemerintah akan jatuh pada 10 Juli 222.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah Jelang Idul Adha 2022, Latin dan Artinya Bahasa Indonesia, serta Tata Cara

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x