Amalan Apa Saja yang Harus Diperbanyak Menjelang Idul Adha atau di Bulan Dzulhijjah? Ini Penjelasannya

- 7 Juli 2022, 11:05 WIB
Ilustrasi - Informasi mengenai amalan apa saja yang harus diperbanyak menjelang Hari Raya Idul Adha atau di bulan Dzulhijjah.
Ilustrasi - Informasi mengenai amalan apa saja yang harus diperbanyak menjelang Hari Raya Idul Adha atau di bulan Dzulhijjah. /PIXABAY/@mohamed_hassan

BERITA DIY - Simak Informasi mengenai amalan apa saja yang harus diperbanyak menjelang Hari Raya Idul Adha atau di bulan Dzulhijjah berikut ini.

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan haram yang memiliki keistimewaan, salah satunya yakni pada 10 malam pertama bulan Dzulhijjah. Dari Ibnu Umar Radhiyallaahu ‘Anhuma, dari Nabi SAW bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ

“Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal sholih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah).” (HR. Ahmad, dishahihkan Syaikh Ahmad Syakir).

Keistimewaan 10 malam hari pertama bulan Dzulhijjah sangatlah besar. Amalan sholeh yang dikerjakan oleh kita diistimewakan dan dicintai oleh Allah serta dilipatgandakan pahalanya yang mana hal ini merupakan nikmat dan karunia dari Allah SWT kepada hambaNya.

Baca Juga: Apakah Setelah Idul Adha Boleh Puasa Ayyamul Bidh? Ini Jadwal Serta Niat dalam Arab, Latin, dan Artinya

Dalam rangka menyambut bulan Dzulhijjah, berikut beberapa amalan yang harus diperbanyak menjelang Hari Raya Idul Adha, dilansir dari laman Universitas Islam Indonesia

1. Puasa Arafah

Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dijalankan pada tanggal 09 Dzulhijjah tahun Hijriah. Puasa Arafah dianjurkan bagi umat muslim yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji di Makkah.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x