EIGER Tanam 10 Ribu Pohon Mangrove untuk Selamatkan Pesisir Pantura Jawa dari Bencana Abrasi

- 10 Mei 2024, 19:20 WIB
10.000 Pohon Mangrove dari EIGER  untuk Selamatkan Pesisir Pantura
10.000 Pohon Mangrove dari EIGER untuk Selamatkan Pesisir Pantura /Eiger Adventure/HO/BERITA DIY

BERITA DIY - Aksi nyata untuk lingkungan tak henti-hentinya dilakukan oleh brand perlengkapan luar ruang terkenal dari Indonesia, Eiger Adventure. Terbaru, mereka melakukan aksi penanaman 10 ribu pohon mangrove di pesisir pantai utara atau Pantura Jawa.

Berjarak tidak begitu jauh dari tepi jalan Pantura, Jawa Barat yang legendaris, daratan di pesisir laut semakin hilang dihantam abrasi.

Rumah warga, tambak, sekolah, masjid hilang satu persatu, tenggelam dan hancur dihantam ombak. Sebagian rumah yang masih tersisa, harus memiliki tanggul tinggi, untuk mencegah air laut pasang dan masuk ke dalam rumah.

Selepas maghrib, artinya pemilik rumah harus waspada dan bersiap, pasang air laut yang terjadi di malam hari, seringkali menenggelamkan semata kaki, bahkan lebih dari satu meter.

Baca Juga: 100 Perempuan Indonesia Rayakan Hari Kartini dengan Berkebaya di Puncak Gunung Kembang Bersama EIGER Adventure

Beginilah kondisi yang terjadi di sepanjang pesisir Pantai Utara Jawa Barat. Tenggelamnya Pulau Jawa benar-benar nyata terjadi. Namun, bukan berarti tak ada upaya.

Ribuan pemuda di Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang, terlibat aktif menjaga kampungnya. Mereka bersama bahu membahu membudidayakan bibit mangrove, lalu menanam batang mangrovenya di sepanjang pesisir.

Desa ini, merupakan salah satu wilayah paling terdampak dari abrasi, kalau tak dimulai dari sekarang, Mayangan bakal benar-benar hilang tergerus air laut.

Pada 7 Mei 2024 lalu, EIGER Adventure bergerak menuju Desa Mayangan. EIGER merekam langsung bagaimana krisis tenggelamnya pesisir Mayangan, terjadi sepanjang hari, sepanjang tahun.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah