Niat dan Jadwal Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah Tanggal Berapa Bulan Juli 2022? Ini Keutamaan Puasa

- 29 Juni 2022, 09:30 WIB
Ilustrasi: Ini jadwal dan bacaan niat puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah jatuh pada tanggal berapa bulan Juli 2022.
Ilustrasi: Ini jadwal dan bacaan niat puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah jatuh pada tanggal berapa bulan Juli 2022. /PIXABAY/mohamed_hassan

BERITA DIY - Simak niat dan jadwal puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah tanggal berapa bulan Juli 2022 beserta keutamaan ibadah puasa tersebut.

Sebentar lagi umat Muslim akan menyambut bulan terakhir pada kalender Hijriyah. Pada bulan tersebut, ada ibadah sunnah puasa Dzulhijjah termasuk puasa Tarwiyah dan Arafah.

Lalu bagaimana niat dan jadwal kapan puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah jatuh pada tanggal berapa di bulan Juli 2022 ini? Simak selengkapnya di sini.

Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT sebab ada peristiwa Idul Adha yang jatuh pada hair ke-10 bulan tersebut.

Baca Juga: Hasil Sidang Isbat Kemenag Kapan Idul Adha 2022 Tanggal 9 atau 10 Juli? Lebaran Haji versi NU dan Muhammadiyah

Selain itu, orang Islam yang mampu wajib melaksanakan haji. Namun bagi yang belum, bisa melakukan serangkaian ibadah puasa sunnah pada bulan Dzulhijjah.

Dikutip dari Kementerian Agama Kantor Wilayah NTB, bahkan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah disebut dalam Al-Quran surat Al Fajra ayat 2.

"Dan demi malam yang sepuluh," (QS. Al Fajra ayat 2)

Terdapat beragam versi 10 hari tersebut merujuk pada bulan apa menurut para ulama dan ahli tafsir. Ada yang mengatakan bulan Ramadhan, Dzulhijjah, maupun Muharram.

Baca Juga: Teks Khutbah Idul Adha 2022 Singkat dan Jelas yang Mengharukan dan Menggetarkan Hati Jemaah

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x