Keutamaan Bulan Dzulhijjah Sambut Idul Adha 2022 Beserta 5 Amalan 10 Hari Pertama yang Dianjurkan

- 28 Juni 2022, 17:00 WIB
Ilustrasi - Keutamaan bulan Dzulhijjah sambut hari raya Idul Adha 2022, lengkap beserta 5 amalan 10 hari pertama yang dianjurkan.
Ilustrasi - Keutamaan bulan Dzulhijjah sambut hari raya Idul Adha 2022, lengkap beserta 5 amalan 10 hari pertama yang dianjurkan. /PIXABAY/@mohamed_hassan

BERITA DIY – Berikut merupakan informasi mengenai keutamaan bulan Dzulhijjah sambut Hari Raya Idul Adha 2022, lengkap beserta 5 amalan 10 hari pertama yang dianjurkan.

Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang termasuk dalam bagian yang disebut dengan empat bulan suci (Syahr al-Haram). Tiga bulan lainnya yang masuk dalam Syahr al-Haram adalah bulan Dzulqadah, Muharram, dan Rajab.

Bulan Dzulhijjah juga disebut sebagai salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, salah satunya dengan adanya kewajiban haji bagi yang mampu menunaikannya.

Ada keutamaan di dalam 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Berbagai amalan ibadah yang dikerjakan di waktu tersebut memiliki keutamaan yang lebih baik dibandingkan hari-hari biasa.

Baca Juga: Kalender Hijriyah 2022 Hari Ini Lengkap dengan Tanggal 1 Dzulhijjah dan Hari Raya Idul Adha Kapan?

Berikut dalil yang menunjukkan keutamaan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi SAW bersabda:

"Tidak ada hari di mana amal sholeh pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah." Mereka bertanya, "Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah?". Beliau menjawab, "Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apa pun.“ (HR. Bukhari)

Simak 5 amalan yang bisa dilakukan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah seperti ibadah haji dan berkurban berikut ini, dikutip oleh Berita DIY dari laman Universitas Islam Indonesia.

1. Puasa Arafah

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x