Idul Adha 2022 Berapa Hari Lagi? NU, Kemenag, dan Muhammadiyah Ternyata Berpotensi Berbeda

- 24 Juni 2022, 20:00 WIB
Idul Adha 2022 berapa hari lagi? NU, Kemenag, dan Muhammadiyah ternyata berpotensi berbeda.
Idul Adha 2022 berapa hari lagi? NU, Kemenag, dan Muhammadiyah ternyata berpotensi berbeda. /PIXABAY/scholty

BERITA DIY-Penetapan mengenai Idul Adha 2022 kemungkinan akan berpotensi berbeda antara NU,, Kemenag, dan Muhammadiyah. Simak jawaban mengenai Idul Adha 2022 jatuh pada tanggal berapa pada artikel berikut ini.

Hari Raya Idul Adha 2022 atau yang bertepatan dengan tahun 1443 kalender Hijriah tiba beberapa hari lagi. Pada hari raya tersebut, umat Islam diberikan perintah agar melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Penetapan mengenai Idul Adha antara NU, Kemenag, hanya Muhammadiyah yang sudah menemukan kejelasan kapan Hari Raya Kurban hingga hari ini.

Masing-masing NU yang mengikuti Kemenag kemungkinan akan berpotensi berbeda dengan Muhammadiyah yang saat ini telah menetapkan tanggal Hari Raya Idul Adha 2022.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Sidang Isbat Idul Adha 2022 dari Kemenag: Tayang di Mana dan Jam Berapa?

Dilansir dari lapan.go.id, Muhammadiyah akan berbeda terkait dengan penetapan tanggal Idul Adha 2022. Hal tersebut dikarenakan perbedaan metodologi dalam penetapan kalender Hijriah yang digunakan oleh masing-masing lembaga.

Muhammadiyah sendiri telah menetapkan tanggal Idul Adha 2022 yang akan jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022. Penetapan tersebut didasarkan melalui metode hisab wujudul hilal yang selalu digunakan termasuk ketika menetapkan Idul Fitri.

Sedangkan Kemenag yang menggunakan kriteria MABIMS belum menetapkan mengenai  tanggal 1 Zulhijjah.

Namun LAPAN mengungkapkan akan ada potensi berbeda karena pada tanggal 30 Juni nanti titik elongasi belum mencapai titik elongasi.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x