Teks Materi Khutbah Idul Adha yang Menggetarkan Jiwa: Belajar Kesabaran dan Keteladanan Nabi Ibrahim

- 23 Juni 2022, 12:10 WIB
Ilustrasi contoh teks materi khutbah Idul Adha yang menggetarkan jiwa tentang belajar kesabaran dan keteladanan dari Nabi Ibrahim AS singkat.
Ilustrasi contoh teks materi khutbah Idul Adha yang menggetarkan jiwa tentang belajar kesabaran dan keteladanan dari Nabi Ibrahim AS singkat. /PIXABAY/NikolayFrolochkin

BERITA DIY - Berikut contoh teks materi khutbah Idul Adha yang menggetarkan Jiwa dengan tema belajar kesabaran dan keteladanan dari Nabi Ibrahim.

Artikel ini menyediakan contoh teks materi khutbah Idul Adha yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang mendapatkan tugas untuk berkhutbah di Hari Raya Qurban tanggal 9 Juli 2022 mendatang.

Memiliki tema Belajar Kesabatan dan Keteladanan Nabi Ibrahim AS, contoh teks materi khutbah ini dirasa pas untuk disampaika saat Idul Adha.

Adapun teks materi khutbah Idul Adha singkat dan mengharukan tentang belajar kesabaran dan keteladanan dari Nabi Ibrahim AS di artikel ini sebelumnya pernah dibawakan oleh Muhammad Ishom, Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta.

Baca Juga: Khutbah Idul Adha yang Menggetarkan Jiwa Tentang Pengorbanan Nabi Ibrahim AS, Lengkap Link Download PDF

Dikutip BERITA DIY dari laman jateng.nu.or.id berikut cintoh teks materi khutbah Idul Adha yang menggetarkan jiwa dengan tema belajar kesabaran dan keteladanan Nabi Ibrahim AS:

Khutbah I

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، لآ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرْ، اَللهُ أَكْبَرْ وَللهِ اْلحَمْدُ اَلْحَمْدُ لِلهِ، اَلْحَمْدُ لِلهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. اَللهم صَلِّ وسَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسَانٍ إلَى يَوْمِ الدِّين أَمَّا بَعْدُ: فَيآ أَيُّهَا الْإِخْوَان، أُوصِيكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيمِ: أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ، وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا. وَقَالَ تَعَالَ: يَآ أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. صَدَقَ اللهُ الْعَظِيمُ

Pada hari ini kaum Muslimin di seluruh dunia merayakan Hari Idul Adha karena telah sampai pada hari ke-10 bulan Dzulhijah. Idul Adha adalah peristiwa besar yang setiap tahun umat Islam sedunia merayakannya dengan melaksanakan shalat Id dan setelah itu menyembelih hewan-hewan kurban sebagai sunnah muakkadah. Setiap kali merayakan Idul Adha, kita tidak bisa lepas dari membicarakan Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as. Bapak-anak ini menjadi suri tauladan bagi kita semua dalam banyak hal, seperti dalam ketaatan kepada Allah swt dan dalam menjalani hidup dan kehidupan ini dengan sabar.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x