Bacan Niat Sholat Sunnah Qobliyah dan Ba'diyah Jumat, Sebelum dan Sesudah Jumatan: Arab, Latin, dan Artinya

- 24 Juni 2022, 10:02 WIB
Bacaan niat sholat sunnah qobliyah dan ba'diyah Jumat, sebelum dan sesudah Jumatan dalam bahasa Arab, latin, dan artinya bahasa Indonesia.
Bacaan niat sholat sunnah qobliyah dan ba'diyah Jumat, sebelum dan sesudah Jumatan dalam bahasa Arab, latin, dan artinya bahasa Indonesia. /Pexels/Thirdman/

BERITA DIY - Bacaan niat sholat sunnah qobliyah dan ba'diyah Jumat, sebelum dan sesudah Jumatan dalam bahasa Arab, latin, dan artinya bahasa Indonesia tersedia di sini.

Salah satu amalan sunnah yang biasanya dilakukan pada saat hari Jumat adalah menyegerakan datang ke masjid.

Tujuan utamanya adalah agar dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan i'tikaf atau sholat sunnah qobliyah dan ba'diyah jumat, serta sholat takhiyatul masjid.

Sholat sunnah qobliyah Jumat dilakukan sebelum Jumatan. Sedangkan ba'diyah dilakukan setelahnya.

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin dan Tahlil Lengkap NU: Arab, Latin, dan Terjemah Bahasa Indonesia Saat Yasinan dan Tahlilan

Melansir laman resmi Nahdlatul Ulama Jawa Timur atau NU Jatim, jatim.nu.or.id, para ulama sepakat bahwa sholat sunah qobliyah dan ba'diyah Jumat ini hukumnya sunah dan sesuai dengan Hadist Nabi Muhammad SAW berikut ini:


عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ الجُمْعَةَ فَلْيُصَلِّ بَعْدَهَا أَرْبَعاً

Artinya: Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Jika salah seorang di antara kalian shalat Jumat hendaklah shalat empat rakaat setelahnya. (HR. Bukhari dan Muslim).

Sebelum memasuki majid di hari Jumat, umat muslim juga disarankan untuk menjalankan sholat sunnah takhiyatul masjid agar sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW berikut ini:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x