Kapan Puasa Sunnah Arafah Dikerjakan? Inilah Keutamaan Puasa Arafah, Tata Cara dan Bacaan Niat Puasa Arab-Indo

- 23 Juni 2022, 21:05 WIB
Iustrasi - Kapan Puasa Sunnah Arafah Dikerjakan? Inilah Keutamaan Puasa Arafah, Tata Cara dan Bacaan Niat Puasa Arab-Indo.
Iustrasi - Kapan Puasa Sunnah Arafah Dikerjakan? Inilah Keutamaan Puasa Arafah, Tata Cara dan Bacaan Niat Puasa Arab-Indo. /Pixabay/mohamed_hassan

BERITA DIY - Ketahui di sini kapan puasa sunnah Arafah dikerjakan serta informasi lengkap apa saja keutamaan puasa Arafah, tata cara dan bacaan niat puasa Arafah Arab-Indonesia.

Puasa Arafah adalah sebuah ibadah sunnah tahunan yang dikerjakan bertepatan dengan Hari Arafah atau tanggal 9 Zulhijah dalam kalender Hijriyah.

Saat pelaksanaan puasa Arafah dianjurkan bagi mereka yang tidak sedang beribadah haji. Sedangkan bagi yang di tanah suci atau sedang berhadi tidak disunnahkan berpuasa di hari Arafah.

Diriwayatkan oleh Imam Baihaqi melalui Sayyidah Aisyah RA, barang siapa yang mengerjakan puasa Arafah maka sama halnya orang itu mengerjakan puasa 1000 hari di luar hari Arafah.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa, Tata Cara, Keutamaan, dan Kapan Puasa Hari Tarwiyah Mulai Dikerjakan?

عن عائشة قالت كان رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول صيام يوم عرفة كصيام ألف يوم 

Artinya, “Dari Sayyidah Aisyah RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘(Keutamaan) Puasa hari Arafah seperti puasa 1000 hari (di luar hari Arafah),’” (HR Baihaqi).

Melansir dari laman Jabar NU, seseorang dapat melaksanakan ibadah puasa sunnah Arah pada 9 Zulhijah tanpa berniat pada malam harinya pun juga dapat dilaksanakan pada siang hari. Sebagimana seperti yang pernah dilakukan Rasulullah SAW.

Hadis riwayat Muslim dari ummul mukminin Syyidah Aisyah RA pernah berkata:

عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ قَالَتْ دَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ فَقَالَ هَلْ عِنْدَكُمْ شَيْءٌ فَقُلْنَا لَا قَالَ فَإِنِّي إِذَنْ صَائِمٌ ثُمَّ أَتَانَا يَوْمًا آخَرَ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ أُهْدِيَ لَنَا حَيْسٌ فَقَالَ أَرِينِيهِ فَلَقَدْ أَصْبَحْتُ صَائِمًا فَأَكَلَ

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x