Apa Itu Palang Pintu Betawi? Ini Definisi dan Makna Simbolik Tradisi Adat Pernikahan Suku Betawi

- 22 Juni 2022, 12:45 WIB
Ilustrasi - Informasi mengenai apa itu Palang Pintu Betawi, dilengkapi definisi dan makna simbolik tradisi adat pernikahan suku Betawi.
Ilustrasi - Informasi mengenai apa itu Palang Pintu Betawi, dilengkapi definisi dan makna simbolik tradisi adat pernikahan suku Betawi. /PIXABAY/@Pexels

BERITA DIY – Berikut merupakan informasi mengenai apa itu Palang Pintu Betawi, dilengkapi dengan definisi dan makna simbolik tradisi adat pernikahan suku Betawi.

Palang Pintu merupakan bagian dari warisan budaya etnis Betawi yang dilestarikan dan hingga saat ini masih diterapkan oleh suku Betawi dalam proses upacara pernikahan.

Palang Pintu ini adalah tradisi untuk membuka mahligai pintu pernikahan dan ketaatan atas norma adat yang berlaku di masyarakat setempat.

Dalam bahasa Betawi, palang memiliki arti penghalang agar orang atau sesuatu tidak bisa masuk atau lewat.

Baca Juga: Apa Itu FOMO, Bagaimana Cara Mengatasi? Berikut Penjelasannya hingga Memiliki Perasaan Gelisah

Dikutip Berita DIY dari laman resmi Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dalam tradisi ini, jawara yang bertindak sebagai perwakilan mempelai laki-laki dan perempuan akan saling menunjukan kemampuan memperagakan gerakan silat dan melontarkan pantun satu sama lain.

Setelah menunjukkan beberapa gerakan silat dan saling berbalas pantun, baru rombongan mempelai pria bisa masuk ke area rumah mempelai perempuan untuk melanjutkan prosesi pernikahan.

Tradisi palang pintu menyimbolkan ujian yang harus dilalui mempelai laki-laki untuk meminang pihak perempuan. Jawara dari daerah asal laki-laki harus bisa mengalahkan jawara yang berasal dari daerah tempat tinggal perempuan.

Hal tersebut sesuai dengan pelaksanaannya di mana rombongan mempelai laki-laki harus melewati hadangan tantangan yang diberikan oleh pihak perempuan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x