3 Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Lewat HP, Cukup Ikuti Langkahnya di Bawah Ini

- 17 Juni 2022, 12:30 WIB
Ilustrasi - 3 cara mudah untuk melakukan cek tagihan BPJS melalui HP pribadi secara online, cukup ikuti saja langkah-langkah pengecekan berikut ini.
Ilustrasi - 3 cara mudah untuk melakukan cek tagihan BPJS melalui HP pribadi secara online, cukup ikuti saja langkah-langkah pengecekan berikut ini. /Tangkap Layar Instagram/@bpjskesehatan_ri

BERITA DIY - Simak 3 cara mudah untuk melakukan cek tagihan BPJS melalui HP pribadi secara online, cukup ikuti saja langkah-langkah pengecekan di bawah ini.

BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, merupakan BUMN yang memiliki tugas untuk memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat.

Syarat untuk mendapatkan jaminan sosial kesehatan dari BPJS, adalah masyarakat perlu memiliki kartu anggota dan membayarkan iuran setiap bulannya.

Dengan adanya pembayaran setiap bulannya berdasarkan kelas perawatan yang diambil, maka masyarakat bisa menikmati fasilitas kesehatan pemerintah maupun swasta yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Cara Cek Tunggakan Tagihan BPJS Kesehatan Lewat HP Secara Online dan Mudah, Ini Tips Mencicil Tunggakan

Perlu diketahui bahwa sesuai Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022, masyarakat yang tidak menjadi peserta aktif dari BPJS Kesehatan maka tidak bisa menikmati layanan publik dari pemerintah. 

Serta bagi masyarakat yang telah terdaftar sebagai peserta aktif dari BPJS Kesehatan, perlu melakukan pembayaran tagihan sebelum waktu pembayaran habis.

Karena apabila peserta aktif tidak membayar tagihan sebelum batas waktu yang sudah ditentukan, maka kepesertaannya di BPJS Kesehatan akan menjadi non aktif.

Untuk mengetahui besar tagihan dari BPJS Kesehatan dan batas waktu pembayaran, maka perlu melakukan cek di mana bisa dilakukan melalui HP pribadi secara online.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah