Keistimewaan Hari Jumat Menurut Islam Serta Dalil dan 7 Amalan Sunah untuk Dikerjakan Selain Membaca Al-Kahfi

- 16 Juni 2022, 15:10 WIB
Ilustrasi keistimewaan hari Jumat menurut Islam serta dalil dan 7 amalan sunah dianjurkan untuk dikerjakan di hari Jumat selain membaca surat Al-Kahfi.
Ilustrasi keistimewaan hari Jumat menurut Islam serta dalil dan 7 amalan sunah dianjurkan untuk dikerjakan di hari Jumat selain membaca surat Al-Kahfi. /PIXABAY/@mohdfaris9

BERITA DIY - Simak informasi apa saja keistimewaan hari Jumat menurut Islam serta dalil dan tujuh amalan sunah dianjurkan untuk dikerjakan di hari Jumat selain membaca surat Al-Kahfi.

Banyak amalan atau ibadah yang dianjurkan untuk dikerjakan pada hari Jumat. Dalam Islam hari Jumat merupakan salah satu hari yang memiliki keistimewaan. Keistimewaan hari Jumat dalam Islam terjadi bukan tanpa alasan.

Dikutip dari NU Jatim, ada beberapa dalil yang menyebutkan tentang keutamaan hari Jumat salah satunya hadis yang diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Syafi’I dan Al-Imam Ahmad dari Sa’‘ad bin Ubadah berbunyi:

سَيِّدُ الْأَيَّامِ عِنْدَ اللهِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَهُوَ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ النَّحَرِ وَيَوْمُ الْفِطْرِ وَفِيْهِ خَمْسُ خِصَالٍ فِيْهِ خَلَقَ اللهُ آدَمَ وَفِيْهِ أُهْبِطَ مِنَ الْجَنَّةِ إِلَى الْأَرْضِ وَفِيْهِ تُوُفِّيَ وَفِيْهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ الْعَبْدُ فِيْهَا اللهَ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ إِثْمًا أَوْ قَطِيْعَةَ رَحِمٍ وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَمَا مِنْ مَلَكٍ مُقّرَّبٍ وَلَا سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ وَلَا رِيْحٍ وَلَا جَبَلٍ وَلَا حَجَرٍ إِلَّا وَهُوَ مُشْفِقٌ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Baca Juga: Meninggal Hari Jumat Pertanda Husnul Khatimah? Berikut Keistimewaan Hari Jumat Lainnya Menurut Banyak Hadits

Artinya: “Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya kurban dan hari raya fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturahim. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung, dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat”.

Berikut ini tujuh amalan sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan pada hari Jumat bagi umat Islam dikutip dari SD Islam Terpadu Al-Kahfi:

1. Membaca surat Al-Kahfi

Amalan sunah pertama yang dianjurkan untuk dikerjakan pada hari Jumat adalah membaca surat Al-Kahfi.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x