Meninggal Hari Jumat Pertanda Husnul Khatimah? Berikut Keistimewaan Hari Jumat Lainnya Menurut Banyak Hadits

- 30 Januari 2021, 12:52 WIB
Meninggal Hari Jumat Pertanda Husnul Khatimah? Berikut Keistimewaan Hari Jumat Lainnya Menurut Banyak Hadits.
Meninggal Hari Jumat Pertanda Husnul Khatimah? Berikut Keistimewaan Hari Jumat Lainnya Menurut Banyak Hadits. //Pixabay/@mucahiltyildiz

BERITA DIY - Hari Jumat dipercaya oleh umat muslim sebagai hari yang paling utama di antara hari-hari yang lain.

Tak hanya utama, hari Jumat juga merupakan hari yang memiliki banyak keistimewaan dan kemuliaan.

Salah satu keyakinan yang menarik ialah bahwa hari Jumat dipercaya sebagai hari yang ketika seseorang meninggal pada hari tersebut, itu bisa jadi pertanda bahwa kematiannya kematian yang husnul khatimah.

Baca Juga: Cek Pencairan Secara Online BLT Subsidi Gaji BPJS Rp2,4 Juta, Simak Syaratnya

Dilansir Berita DIY dari Portal Jember dalam artikel berjudul "Wafat Hari Jumat Bisa Jadi Tanda Husnul Khotimah, Berikut 8 Keistimewaan Lain Hari Jumat bagi Muslim", berikut keistimewaan-keistimewaan hari Jumat.

Hari Jumat memiliki waktu yang mustajab untuk berdoa

Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan sholat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu,” (HR. Muttafaqu Alaih).

Jumat adalah hari yang utama di dunia

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah SAW berkata, “Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin sholat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya,” (HR. Muslim).

Halaman:

Editor: Adestu Arianto

Sumber: Portal Jember


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x