Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi Pada Hari Jumat Salah Satunya Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal

- 13 Mei 2022, 13:25 WIB
Ilustrasi membaca Al-Qur’an. Keutamaan membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat salah satunya agar terhindar dari fitnah Dajjal.
Ilustrasi membaca Al-Qur’an. Keutamaan membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat salah satunya agar terhindar dari fitnah Dajjal. / PEXELs/Abdulmeilk Aldawsari

BERITA DIY - Berikut ini beberapa keutamaan membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat salah satunya agar terhindar dari fitnah Dajjal. Umat Islam dianjurkan sering membaca Al-Qur’an untuk mendapatkan pahala dan ketenangan hati.

Dikutip BERITA DIY dari laman MUI, ganjaran pahala bagi orang yang membaca Al-Qur'an penjelasannya terdapat pada salah satu hadis Nabi Muhammad SAW.

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah saw bersabda, siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR Tirmidzi)

Baca Juga: Bacaan Surat Al Kahfi Ayat 1-10 Lengkap Beserta Keutamaan Membaca dan Link Baca di Website Resmi Kemenag

Baca Juga: Bacaan Surat Al-Kahfi Ayat 1-10 Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahan Indonesia Serta Keutamaan Membaca

Tidak ada ketentuan khusus mengenai waktu membaca Al-Qur’an apakah malam hari atau siang hari.

Tetapi ada beberapa surat dalam Al-Qur'an yang memiliki keutamaan ketika dibaca pada waktu tertentu seperti surah Al-Kahfi yang dianjurkan untuk dibaca pada hari Jumat.

Hal ini dijelaskan dalam salah satu hadis Nabi Muhammad SAW:

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x