Kenali Apa itu Tekanan Secara Emosional atau Emotional Distress, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

- 14 Juni 2022, 10:21 WIB
Ilustrasi - Apa itu tekanan secara emosional atau emotional distress pada seseorang, disertai dengan penyebab, dampak, dan cara untuk mengatasinya.
Ilustrasi - Apa itu tekanan secara emosional atau emotional distress pada seseorang, disertai dengan penyebab, dampak, dan cara untuk mengatasinya. / UNSPLASH/@punttim

BERITA DIY - Berikut penjelasan mengenai apa itu tekanan secara emosional atau emotional distress pada seseorang, disertai dengan penyebab, dampak, dan cara untuk mengatasinya.

Tekanan secara emosional atau emotional distress merupakan salah satu bentuk stress yang terjadi pada seseorang, akan tetapi yang satu ini berpengaruh pada mood.

Emotional distress yang dialami orang-orang tentunya memiliki penjelasan dan gejala yang berbeda satu sama lain ketika dijelaskan, akan tetapi tekanan emosional memiliki ciri umum, penyebab, dan cara mengatasi yang disarankan bagi penderitanya.

Dilansir dari Healthline.com, emotional distress atau tekanan emosional terjadi saat seseorang mengalami kejadian yang membuat seseorang merasakan perasaan yang paling tidak disukai secara ekstrem.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Taurus dan Cancer Hari Ini Selasa 14 Juni 2022 Lakukan Perubahan saat Kerja untuk Hidari Stress

Diketahui tekanan secara emosional atau emotional distress juga sering dideskripsikan sebagai gangguan mental seperti depresi dan anxiety, selain itu emotional distress juga digunakan untuk menggambarkan perasaan marah maupun berduka.

Tekanan secara emosional pada seseorang bisa dikenali dengan dampak dan gejala umum berikut ini:

1. Merasakan depresi, anxiety, atau tidak merasakan perasaan sama sekali.

2. Melakukan penolakan atau tidak ingin melakukan kegiatan terkait pekerjaan maupun tugas akademis.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x