Niat Puasa Ayyamul Bidh 3 Hari 13-15 Juni 2022 atau Bulan Zulkaidah Lengkap Hukum dan Keutamaan Pelaksanaan

- 13 Juni 2022, 08:57 WIB
Ilustrasi bacaan niat puasa Ayyamul Bidh 13-15 Juni 2022 beserta hukum dan keutamaan.
Ilustrasi bacaan niat puasa Ayyamul Bidh 13-15 Juni 2022 beserta hukum dan keutamaan. /PIXABAY/@pictavio

BERITA DIY - Berikut niat puasa Ayyamul Bidh tiga hari tanggal 13 hingga 15 Juni 2022 atau bulan Zulkaidah lengkap keutamaan pelaksanaan.

Umat Islam kini sedang melaksanakan puasa Ayyamul Bidh yang jatuh selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 13, 14, hingga 15 Juni 2022 kalender Masehi.

Sama seperti puasa wajib atau sunnah, puasa Ayyamul memiliki bacaan niat tersendiri dan keutamaan bagi yang melaksanakan. Ibadah ini ada setiap bulan pada penanggalan Hijriyah tak terkecuali Zulkaidah.

Sebelumnya pengertian puasa Ayyamul Bidh adalah ibadah sunnah yang dilaksanakan setiap pertengahan bulan selama tiga hari berturut-turut (tanggal 13, 14 dan 15) pada bulan Hijriyah.

Baca Juga: Hukum dan Cara Gabungkan Puasa Senin Kamis dan Ayyamul Bidh, Jatuh Tanggal Berapa di Bulan Juni 2022?

Secara bahasa, puasa Ayyamul Bidh adalah hari-hari yang cerah. Meski begitu maksudnya adalah hari atau malam yang cerah tersinari oleh bulan yang terang.

Adapun hukum dari puasa Ayyamul Bidh adalah sunnah muakkad atau dengan kata lain merupakan sunnah yang sangat dianjurkan.

Bahkan Rasulullah SAW rutin melaksanakan puasa saat malam cerah yang dimaksud adalah puasa Ayyamul Bidh.

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاس رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُفْطِرُ أَيَّامَ الْبِيْضِ في حَضَرٍ وَلاَ سَفَرٍ. (رواه النسائي بإسنادٍ حسن)

Artinya: "Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah baik di rumah maupun dalam bepergian’." (HR an-Nasa’i dengan sanad hasan).

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x