Apa itu Sholat Ghaib, Tata Cara Sholat Ghaib, Hukum dan Bacaan Niat dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

- 3 Juni 2022, 19:05 WIB
Ilustrasi apa itu sholat ghaib dan bedanya dengan sholat jenazah, hukum dan bacaan niat sholat ghaib untuk jenazah pria dan wanita dalam Arab, Latin, dan artinya.
Ilustrasi apa itu sholat ghaib dan bedanya dengan sholat jenazah, hukum dan bacaan niat sholat ghaib untuk jenazah pria dan wanita dalam Arab, Latin, dan artinya. / PEXELS/Alena Darmel

BERITA DIY – Penjelasan sholat ghaib yang dianjurkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat untuk mendoakan Emmeril Khan Mumtaz atau Eril, putra Ridwan Kamil yang sejak Kamis, 26 Mei 2022 kemarin belum ditemukan karena tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Barat salah satunya melalui unggahan di akun resmi Instagramnya di @muiprovjabar mengeluarkan surat seruan pelaksanaan sholat ghaib untuk Emmeril Khan Mumtadz, anak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang hilang sejak Kamis, 26 Mei 2022 kemarin.

Seruan ini dibuat setelah hingga pada Jumat, 3 Mei 2022, kabar mengenai Eril, sapaan Emmeril, masih nihil dan pihak keluarga sudah menyatakan bahwa sang putra telah meninggal akibat tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Sholat Ghaib untuk Doakan Eril yang Dinyatakan Meninggal Dunia, Pencarian Tetap Dilakukan

Sebagai rasa belasungkawa dan memutus kewajiban untuk melaksanakan sholat jenazah untuk Eril, MUI Provinsi Jawa Barat memberikan seruan sholat gaib untuk mendoakan putra Ridwan Kamil tersebut.

Apa itu sholat ghaib dan perbedaannya dengan sholat jenazah?

Sholat jenazah adalah sholat yang dilakukan untuk mendoakan atau mensholatkan jenazah yang berada di hadapan imam atau jamaah sholat jenazah dengan membaringkan jenazah ke arah kiblat.

Lalu bagaimana dengan jenazah yang wafat jauh atau dalam keadaan lain sehingga tidak bisa berada di hadapan imam?

Baca Juga: Tata Cara dan Bacaan Niat Sholat Ghaib Jenazah Laki Laki untuk Eril Anak Ridwan Kamil NU, Bahasa Arab Artinya

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x